PENGEMBANGAN e- LKPD UNTUK MELATIH ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X

Faisal, Hudia Umami and Hasibuan, M. Haris Effendi and Bakar, Abu (2020) PENGEMBANGAN e- LKPD UNTUK MELATIH ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER-converted.pdf

Download (43kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN-converted.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, Daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)

Abstract

E- LKPD merupakan salah satu media pembelajaran yang berisi kumpulan soal dan ringkasan materi. E- LKPD berfungsi sebagai media pembelajaran yang membantu aktivitas belajar mengajar anatara guru dan siswa. E- LKPD merupakan lembar kerja siswa yang bersifat interaktif dan melatih siswa dalam membuat sebuah argumentasi. Penelitian pengembangan e- LKPD untuk melatih argumentasi siswa pada materi ikatan kimia bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kelayakan dari e- LKPD . Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Pada penelitian ini terdiri beberapa tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan diimplementasikan pada uji coba kelompok kecil di kelas X MIPA SMA Xaverius 2 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar angket. Data yang dikumpulkan berupa skala likert yang diolah secara deskriptif dan dianalisis berdasarkan jumlah skor. E- LKPD untuk melatihkan argumentasi dinyatakan “layak” untuk diujicoba menurut respon ahli media dan ahli materi. E- LKPD untuk melatihkan argumentasi siswa ini juga mendapat respon positif dari guru mata pelajaran kimia dengan total skor 46 “sangat baik” dan siswa dengan rerata skor 87,11% pada belahan siswa nomor ganjil dengan kriteria “Sangat Baik” dan rerata skor 87,55% pada belahan siswa nomor genap dengan kriteria “Sangat Baik” serta diperoleh nilai Kappa sebesar 0,6 dengan kategori “Sedang”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat kesepakatan yang cukup tinggi diantara kedua belahan siswa bahwa e- LKPD untuk melatih argumentasi siwa dinyatakan layak dan direspon positif oleh siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: HUDIA UMAMI FAISAL
Date Deposited: 19 May 2020 03:05
Last Modified: 30 Jun 2020 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11875

Actions (login required)

View Item View Item