STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAYA INGAT PESERTA DIDIK DI KELAS IV D SD NEGERI 47/IV KOTA JAMBI

Afrilda, Deni (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAYA INGAT PESERTA DIDIK DI KELAS IV D SD NEGERI 47/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover.pdf

Download (219kB)
[img] Text
HALAMAN PEGESAHAN.pdf

Download (405kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)

Abstract

Afrilda, Deni. 2020. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Peserta Didik di Kelas IV D SDN 47/IV Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M. Pd, (II) Ahmad Hariandi, S. Pd. I., S. Ag Kata kunci: Strategi guru, Daya ingat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kemampuan daya ingat peserta didik dikelas IV D SDN 47/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDN 47/IV Kota Jambi pada Januari-Maret 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara dan observasi sebagai data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki beragam strategi dalam meningkatkan kemampuan daya ingat peserta didik. strategi yang digunakan guru antara lain, 1). Materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dikemas secara menarik dan menjadikan peserta didik aktif ikut serta dalam pembelajaran seperti penyampaian materi menggunakan metode ceramah, tanya jawab, eksprimen, permainan dan nyanyian, 2). Menjalin ikatan atau keakraban dengan peserta didik sehingga peserta didik menjadi nyaman, 3). Menggunakan media pembelajaran yang tepat,menarik, mudah dipahami, dan dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, 4). Menyampaikan pengulangan pada materi secara terus menerus apabila ada peserta didik yang belum memahami materi, materi yang yang sering diulang dan diberikan penekanan saat penyampaian akan membantu peserta didik untuk mengingat materi dalam waktu lama. 5). Melakukan evaluasi tiap akhir pembelajaran, 6). Meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Daya ingat pesrta didik akan semakin kuat jika peserta didik dalam keadaan nyaman dalam mengikuti proses pembelajaran, informasi yang diterima menimbulkan kesan bagi peserta didik serta informasi yang disampaikan guru dapat menimbulkan emosi pada peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DENI AFRILDA
Date Deposited: 18 May 2020 04:15
Last Modified: 18 May 2020 04:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11880

Actions (login required)

View Item View Item