Analisis Pelaksanaan Model Discovery Learning dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X IPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi

Maknun, Lu'luul and Bakar, Abu and Sanova, Aulia (2020) Analisis Pelaksanaan Model Discovery Learning dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X IPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan wujud sains sebagai proses. Dalam pembelajaran sains, sangatlah penting untuk membantu siswa belajar keterampilan proses sains atau untuk memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatakan keterampilan proses sains adalah model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model discovery learning dan pengaruhnya terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Subyek dalam penelitian ini hanya satu kelas yakni kelas X IPA 3 berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran discovery learning dari guru maupun siswa dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Untuk melihat hubungan pelaksanaan model pembelajaran discovery learning dengan keterampilan proses sains siswa dilakukan uji korelasi product moment. Pelaksanaan model pembelajaran discovery learning oleh siswa sebesar 68,66% dengan kategori baik dan persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 69,06% dengan kategori baik. Hubungan pelaksanaan model pembelajaran discovery learning dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh rxy = 0,566 dengan tingkat hubungan sedang. Hasil uji koefisien determinasi pelaksanaan model discovery learning dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh kd= 34, 02% dengan tingkat pengaruh rendah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran discovery learning berjalan baik dan berkorelasi dengan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X IPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Lu`luul Maknun
Date Deposited: 19 May 2020 03:02
Last Modified: 19 May 2020 03:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11881

Actions (login required)

View Item View Item