MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA DI TK KEMBAR LESTARI KOTA JAMBI

Sitompul, Kristiawati (2020) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA DI TK KEMBAR LESTARI KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK S, Kristiawati, 2020 “Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Memancing Angka Di TK Kembar Lestari Kota Jambi” Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dra. Kasmiati, M.Pd, (2) Nofrans Eka Saputra, S.Psi., M.A. Kata Kunci : Mengenal Konsep Bilangan, Permainan Memancing Angka Penelitian ini latar belakangi yaitu bahwa mengenal konsep bilangan pada anak di kelas B2 di TK Kembar Lestari Kota Jambi masih belum berkembang secara optimal, dikarenakan anak terlihat masih kurang mengenal angka 1 – 10 menghitung angka, menyebutkan urutan angka, membuat urutan angka dengan benda,menghubungkan lambang bilangan dengan benda, membedakan dan membuat dua kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama jumlahnya, lebih banyak dan lebih sedikit. Anak masih malu – malu, takut salah dan bergantung pada guru. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui tingkat capaian mengenal konsep bilangan sebelum dan sesudah pemberian tindakan melalui permainan memancing angka, Manfaat dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan melalui permainan memancing angka. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) setiap siklus terdiri beberapa tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket yang di isi oleh guru serta peneliti setiap dilakukannya tindakan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif Kuantitatif yaitu mandapatkan hasil dengan cara menghitung, dimana jumlah anak yang mampu mencapai indikator keberhasilan dibagi jumlah seluruh anak yang diteliti dan dikalikan seratus persen. Populasi di TK Kembar Lestari Kota Jambi berjumlah 42 anak, dan sampel penelitian ini dilakukan pada anak kelas B2 yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya permainan memancing angka dapat mempu meningkatkan konsep bilangan anak terdapat hasil pada pratindakan dengan presentasi 25,3% (MB). Siklus I pertemuan ke-1 dengan prsentase 29,75% (MB), Siklus I pertemuan ke-2 dengan presentase 34,0% (MB), Siklus I pertemuan ke-3 dengan presentase 35,95% (MB), siklus I pertemuan ke-4 dengan presentase 40,16% (MB). Walaupun belum mencapai kriteria yang diinginkan, pada siklus II pertemuan ke-1 anak mengalami sebuah peningkatan kembali walaupun hasilnya masih belum maksimal tetapi dengan presentasi sebesar 46,12 % (MB). Kemudian pada siklus II pertemuan ke-2 dengan presentase 59,79% (BSH), siklus II pertemuan ke-3 dengan presentase 76,75% (BSB) masih belum mencapai kriteria ketuntasan kemudian pada siklus II pertemuan ke-4 konsep bilangan anak dapat dilihat bahwa hasilnya sebesar 86,45 (BSB).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Kristiawati S
Date Deposited: 18 May 2020 01:59
Last Modified: 18 May 2020 01:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11888

Actions (login required)

View Item View Item