Pengaruh locus of control dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif mahasiswa pendidikan ekonomi universitas jambi

Fathurrachman, Ali hasyemi (2020) Pengaruh locus of control dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif mahasiswa pendidikan ekonomi universitas jambi. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI(1).pdf

Download (92kB)
[img] Text
Lembar 003.pdf

Download (106kB)
[img] Text
20200429132954phpAz8sP0.pdf

Download (201kB)
[img] Text
20200429133851phpqXt9VO.pdf

Download (407kB)
[img] Text
20200429134043phpQKqs6V.pdf

Download (160kB)

Abstract

ABSTRAK Fathurrachman, Ali Hasyemi. 2020. Pengaruh Locus of control dan Promosi penjualan terhadap Pembelian Impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. H. Ekawarna, M.Psi, (II) Fachruddiansyah Muslim, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Locus of control, Promosi Penjualan, Pembelian Impulsif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa yang dilakukan guna memenuhi kebutuhan sehari-harinya, namun pembelian yang dilakukan terjadi secara impulsif. Dimana pada saat membeli sebuah barang mahasiswa kerapkali membeli barang yang tidak direncanakan dan secara tiba-tiba. Hal ini membuat banyaknya pengeluaran yang tidak terduga dan mengakibatkan uang saku yang dimiliki lebih cepat habis. Diketahui bahwa mahasiswa pendidikan ekonomi membeli barang secara impulsif. Hal ini disebabkan oleh kurangnya lokus kendali diri (locus of control ) dimana setiap manusia umumnya memiliki sebuah pengendalian diri dan seseorang tersebutlah yang akan mengontrol apapun yang terjadi didalam dirinya. Selain itu faktor dari toko seperti adanya promosi penjualan juga memberikan dampak yang cukup besar ketika seseorang melakukan pembelian. Ajakan secara persuasif dari toko yang mendorong ataupun mengajak seseorang untuk membeli sebuah produk dan membeli produk dengan jumlah yang lebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Locus of control terhadap Pembelian Impulsif mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi. 2) Pengaruh Promosi penjualan terhadap Pembelian Impulsif mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi. 3) Pengaruh Locus of control dan Promosi penjualan terhadap Pembelian Impulsif mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Ekonomi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling dengan jumlah responden 180 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan angket. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh Locus Of Control terhadap Pembelian Impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. 2) Terdapat pengaruh Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Locus Of Control dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Locus Of Control dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif mahasiswa, dengan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,578 atau 57,8%. Berdasarkan simpulan disarankan agar mahasiswa lebih efisien dan lebih bisa mengontrol diri dalam melakukan pembelian, bisa menggunakan uang saku yang dimiliki secara efisien, serta dapat membeli barang atau produk sesuai kebutuhan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ALI HASYEMI FATHURRACHMAN
Date Deposited: 18 May 2020 04:18
Last Modified: 18 May 2020 04:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11890

Actions (login required)

View Item View Item