Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Redoks di SMA

Priscilla Sitepu, Gita and epinur, epinur and Afrida, Afrida (2020) Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Redoks di SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (307kB)

Abstract

Kurikulum 2013 revisi 2017 menuntut siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X MIPA SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti, masih banyak siswa yang kurang mampu menganalisis dan memahami konsep redoks, sehingga kemampuan berpikir kritisnya tidak berkembang. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran PBI dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi redoks di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Desain yang digunakan pada peneltian ini adalah mix method. Mix method yang digunakan oleh peneliti adalah jenis Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu X MIPA 3. Instrument penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model PBI baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay siswa. Korelasi keterlaksanaan model PBI dengan kemampuan berpikir kritis siswa dicari dengan korelasi product moment. Keterlaksanaan model pembelajaran PBI oleh siswa diperoleh sebesar 73, 42% dengan kategori baik dan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh sebesar 70,56% dengan kategori baik. Korelasi keterlaksanaan model pembelajaran PBI dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy = 0,72 dengan tingkat hubungan kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran PBI berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan dari pertemuan satu sampai ke pertemuan tiga dan terdapat korelasi positif dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi redoks di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: GITA PRISCILLA SITEPU
Date Deposited: 19 May 2020 03:09
Last Modified: 19 May 2020 03:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11898

Actions (login required)

View Item View Item