ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KORELASINYA DENGAN SELF EFFICACY SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X IPA SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

lasmana, indra and Bakar, Abu and Harizon, Harizon (2020) ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KORELASINYA DENGAN SELF EFFICACY SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X IPA SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover....pdf

Download (359kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

Ilmu kimia merupakan bagian dari ilmu alam yang memiliki karakteristik bersifat abstrak. Kimia memiliki dua sifat yang tidak dapat dipisahkan, yakni kimia sebagai produk dan kimia sebagai proses. Kimia sebagai proses merupakan kerja ilmiah yang mencakup keterampilan-keterampilan untuk memperoleh dan mengembangkan produk kimia, sedangkan kimia sebagai produk terdiri dari sekumpulan pengetahuan yang terdiri atas fakta-fakta, asas-asas, dan konsep-konsep ilmu kimia. Dimensi sikap yang harus dimiliki seseorang salah satunya adalah percaya diri (Astutik dan Azizah, 2017). Salah satu model pembelajaran yang dianggap mampu mengembangkan self efficacy siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan korelasinya dengan self efficacy siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X IPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model inkuiri terbimbing oleh guru maupun siswa dan angket self efficacy siswa. Untuk melihat hubungan keterlaksanaan model dengan inkuiri terbimbing dengan self efficacy siswa dilakukan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi. Pelaksanaan model inkuiri terbimbing oleh guru maupun siswa sudah terlaksana dengan baik. Persentase yang didapatkan pada pelaksanaan model oleh siswa sebesar 68,17%. Pada persentase self efficacy siswa berdasarkan dimensiya masing-masing memperoleh nilai Magnitude=70,37%, strength=70,15% dan generality=75,35% dengan kategori baik. Hubungan Pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan self efficacy siswa diperoleh rxy=0,579 dengan tingkat hubungan sedang. Hasil uji koefisien determinasi pelaksanaan model pembelajaran ikuiri terbimbing dengan self efficacy siswa diperoleh Kd=33,48% dengan tingkat pengaruh rendah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing baik oleh guru maupun siswa telah berjalan dengan baik dan memiliki hubungan dengan self efficacy siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas X IPA 2 SMA Islam Al-Falah Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Indra Lasmana
Date Deposited: 19 May 2020 04:27
Last Modified: 19 May 2020 04:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11899

Actions (login required)

View Item View Item