DIANSYAH, REFOR (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MELANJUTKAN S2 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER LUAR.pdf Download (189kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN (2).pdf Download (193kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (440kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
Abstract
ABSTRAK Diansyah, Refor. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Melanjutkan S2 Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi: Proposal Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Rosmiati, S.Pd, M.Pd, (II) Iwan Putra, S.E, M.S.Ak. Kata kunci: Minat, motivasi, dan status sosial ekonomi keluarga Minat mengacu pada keterlibatan diri yang disukai dan dikehendaki pada sebuah aktivitas (Dale J. Schunk & Paul R Pintrich. 2012). Motivasi dalam hal belajar dapat berfungsi sebagai pendorong usaha pencapaian prestasi. Seseorang melakukan usaha karena adanya motivasi (Sadirman A.M 2014). Status sosial ekonomi keluarga sedikit banyak menentukan keberhasilan seseorang, ekonomi yang cukup baik akan berpengaruh positif terhadap kemudahan seseorang untuk mendapatkan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi keluarga baik secara parsial maupun simultan terhadap minat mahasiswa dalam melanjutkan S2 pada mahasiswa Pendidikan Ekononmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi angkatan 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Pengumpulan data menggunakan google from (bit.ly/PenelitianSkripsiReforDiansyah). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah secara individu Motivasi belajar berpengaruh terhadap minat mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 2. Sedangkan Status sosial ekonomi keluarga tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 2. Namun secara bersama-sama motivasi belajar dan status social ekonomi keluarga berpengaruh terhadap minat mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 2. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada mahasiswa untuk terus memepertahankan motivasi belajarnya. Kemudian, untuk pihak akademisi diharapkan harus banyak melakukan kegiatan untuk meningkatkan sumberdaya manusia sehingga pada saat lulus dari program studi strata 1. Serta Untuk peneliti selanjutnya, peneliti menyarankan untuk menggunakan variabel lain yang tidak di masukkan di dalam penelitian ini, dan menyarankan untuk menggunakan sampel yang berbeda sehingga wawasan menjadi lebih luas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | REFOR DIANSYAH |
Date Deposited: | 28 May 2020 08:22 |
Last Modified: | 28 May 2020 08:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11906 |
Actions (login required)
View Item |