UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP NEGERI 4 KOTA JAMBI

FAIZATUN, FAIZATUN (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (95kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)

Abstract

Abstrak Judul : Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMP Negeri 4 Kota Jambi. Penulis : Faizatun NIM : A1E115006 Pembimbing : 1. Drs. Rasimin, M.Pd 2. Rully Andi Yaksa, S.Pd., M.Pd Kepercayaan diri siswa dalam belajar merupakan suatu keyakinan dan sikap seseorang terhadap kemampuan pada dirinya sendiri dengan menerima secara apa adanya baik positif maupun negatif dengan tujuan untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar setelah dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok di kelas VII F SMP Negeri 4 Kota Jambi. Batasan masalah untuk kepercayaan diri dalam belajar dalam penelitian ini yaitu, siswa yang kurang memiliki keyakinan akan kemampuan diri, kurang optimis, kurang obyektif, kurang bertanggung jawab, kurang rasional. Adapun tahap bimbingan kelompok pada penelitian ini meliputi: 1) Tahap pembentukan, 2) Tahap Peralihan, 3) Tahap kegiatan, 4) Tahap pengakhiran. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII F yang didalamnya terdiri dari 7 siswa yang kurang memiliki kepercayaan diri dan 3 orang siswa yang memiliki kepercayaan diri, alasannya agar siswa yang memiliki kepercayaan diri dapat mempengaruhi dan membangkitkan semangat siswa yang kurang memiliki kepercayaan diri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan salah satu guru bimbingan dan konseling. Adapun alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi dan wawancara. Diantara tiga siklus yang peneliti lakukan proses pada siklus ke-3 merupakan proses yang paling baik dilaksanakan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Pada siklus tiga pemimpin kelompok membuat topik baru yaitu, cara-cara mengatasi rasa malu dan rendah diri. Peneliti menanyakan apakah masi ada yang merasa malu ketika dalam belajar, kemudian pemimpin kelompok bertanya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa lalu jawabannya diulang kembali oleh pemimpin kelompok agar lebih jelas, kemudian pemimpin kelompok meminta siswa saling menanggapi pendapat temannya. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Belajar, Bimbingan Kelompok.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAIZATUN
Date Deposited: 03 Jun 2020 01:17
Last Modified: 03 Jun 2020 01:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11938

Actions (login required)

View Item View Item