Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial

Sari, Yulia (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
pppppp-dikonversi.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (298kB)

Abstract

Yulia Sari. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Wardi Syafmen, M.Si., (II) Novferma, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Literasi Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching and Learning untuk mendukung kemampuan literasi matematis siswa pada materi aritmatika sosial serta mendeskripsikan kualitas LKPD yang dikembangkan berdasarkan 3 kriteria kelayakan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation and evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs S Nurul Huda Kab. Muaro Jambi dengan subjek dalam evaluasi satu-satu berjumlah 3 orang serta subjek dalam evaluasi kelompok kecil berjumlah 9 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi instrumen, lembar validasi desain, lembar validasi materi, lembar validasi praktisi, wawancara terstruktur, angket respon peserta didik, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan soal tes kemampuan literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan mengalami beberapa kali revisi berdasarkan saran serta komentar yang diperoleh dari masing-masing validator (validator desain, validator materi, validator praktisi), hasil yang diperoleh dari evaluasi satu-satu dan hasil dari evaluasi kelompok kecil. LKPD yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik dikarenakan memenuhi 3 kriteria kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif. LKPD memenuhi kriteria kelayakan dari segi kevalidan dengan jumlah persentase yaitu 100% dengan kategori “sangat valid”, kriteria kelayakan dari segi kepraktisan dengan jumlah persentase yaitu 88,62% dengan kategori “sangat praktis” dan kriteria kelayakan dari segi keefektifan menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori “efektif” yang ditandai dengan hasil tes kemampuan literasi matematis dengan banyak peserta didik yang memperoleh skor kemampuan literasi matematis dengan kategori minimal sedang adalah 8 orang peserta didik dengan persentase 88,89%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YULIA SARI
Date Deposited: 04 Jun 2020 02:58
Last Modified: 04 Jun 2020 02:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11945

Actions (login required)

View Item View Item