Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Menanamkan Nilai-nilai Entrepreneurship pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Kurniawati, Wulan (2020) Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Menanamkan Nilai-nilai Entrepreneurship pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1 Halaman Sampul Skripsi.pdf

Download (23kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (269kB)
[img] Text
5 daftar isi, tabel, gambar, lampiran.pdf

Download (183kB)
[img] Text
6 BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
10 BAB V.pdf

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK Kurniawati, Wulan. 2020. Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Menanamkan Nilai-nilai Entrepreneurship pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV): Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Sri Winarni, S.Pd., M.Pd. (II) Rina Kusuma Dewi S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Modul, Realistic Mathematics Education (RME), Entrepreneurship Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis, dan efektif untuk menanamkan nilai-nilai entrepreneurship pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Muaro Jambi tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C yang berjumlah 30 peserta didik. Instrumen pengumpul data pada penelitian ini adalah lembar validasi (ahli materi dan ahli desain), angket kepraktisan (pendidik dan peserta didik), lembar observasi (pendidik dan peserta didik) dan tes hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan skala likert untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 82% ditentukan berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli desain, kepraktisan modul menunjukkan kriteria praktis dengan skor rata-rata 82,965% ditentukan berdasarkan hasil angket kepraktisan oleh pendidik dan peserta didik dan keefektifan modul menunjukkan kriteria efektif dengan skor rata-rata 78,065% ditentukan berdasarkan hasil lembar observasi dan tes hasil belajar. Modul valid, praktis, dan efektif untuk menanamkan nilai-nilai entrepreneurship (mandiri, jujur, rasa ingin tahu, kreatif, inovatif dan komunikatif) terlihat dari penyusunan modul berdasarkan langkah-langkah RME yaitu memahami masalah kontekstual, menjelaskan masalah kontekstual, menyelesaikan masalah kontekstual, membandingkan dan mendiskusikan jawaban dan menyimpulkan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wulan Kurniawati
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:41
Last Modified: 04 Jun 2020 04:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11954

Actions (login required)

View Item View Item