PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PEMAHAMAN KONSEP BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI FLUIDA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

RAHAYU, GUSTI (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PEMAHAMAN KONSEP BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI FLUIDA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
hal. judul (1).pdf

Download (171kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (173kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya memahami dan mengenali konsep-konsep dasar fisika yang merupakan salah satu faktor persyaratan keberhasilan belajar fisika siswa. Pemahaman konsep siswa tersebut perlu dievaluasi untuk mengetahui seberapa jauh penguasaan konsep dasar fisika siswa. Evaluasi tersebut dapat dilakukan menggunakan instrumen tes. Namun, instrumen yang digunakan saat ini belum mencukupi kebutuhan pembelajaran, seperti mengidentifikasi pemahaman konsep siswa, khususnya pada materi fluida. Maka dari itu, untuk mengevaluasi tingkat pemahaman konsep siswa khususnya pada materi fluida, perlu dikembangkan instrumen tes yang dapat mengukur pemahaman konsep fluida siswa, salah satunya dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis kontekstual yang dapat mengukur kemampuan pemahaman konsep peserta didik SMA kelas XI pada mata pelajaran fisika materi fluida serta mengetahui tingkat vaaliditas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D. Tahapan pada model 4D ini dimodifikasi menjadi 3D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Pada tahapan ini akan dihasilkan instrumen tes pemahaman konsep yang kemudian divalidasi oleh tim ahli yang selanjutnya diujicobakan pada peserta didik untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Produk yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini adalah 10 instrumen tes pemahaman konsep berbasis kontekstual meliputi materi fluida yang telah divalidasi oleh tim ahli dan telah teruji secara empiris. Hasil uji coba empiris pada instrumen tes menunjukkan bahwa setiap indikator kesepuluh instrumen dinyatakan valid dan memiliki reliabilitas tinggi mencapai 0,69.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Gusti Rahayu
Date Deposited: 08 Jun 2020 02:17
Last Modified: 08 Jun 2020 02:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11957

Actions (login required)

View Item View Item