ANALISIS KEMAMPUAN PEDAGOGIK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER V TAHUN 2019/2020 PADA MATA KULIAH MICROTEACHING DI UNIVERSITAS JAMBI

MULYANI, NURTRI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEDAGOGIK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER V TAHUN 2019/2020 PADA MATA KULIAH MICROTEACHING DI UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER DUA DUANYA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Fisika Semester V Tahun 20192020 pada Mata Kuliah Microteaching di.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (90kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dengan mahasiswa pendidikan fisika semester V, mahasiswa mengetahui bahwa kemampuan pedagogik bukanlah suatu pengetahuan yang didapat secara tiba-tiba butuh pengetahuan, proses sekaligus keterampilan yang harus dilatih. Hanya saja mahasiswa hanya sekedar mengetahui kemampuan pedagogik itu untuk dirinya sendiri atau dengan kata lain belum memikirkan untuk digunakan sebagai bekal mengajar nantinya. Untuk dapat mengetahui kemampuan pedagogik mahasiswa pendidikan fisika semester V, dilakukan analisis mengenai kemampuan pedagogik mahasiswa. Analisis kemampuan pedaogik mahasiswa pendidikan fisika semester V dapat dilakukan pada saat mahasiswa melakukan praktik mengajar yaitu pada mata kuliah microteaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pedagogik yang dimiliki mahasiswa pendidikan fisika semester V Universitas Jambi. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan fisika FKIP Universitas Jambi pada bulan September-November tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif karena hasil penelitian dinyatakan dalam bentuk skor atau presentase yang nantinya dideskripsikan berdasarkan kriteria yang diperoleh. Data penelitian diperoleh dengan melakukan observasi (pengamatan) sebagai data utama dan wawancara serta dokumentasi sebagai data pendukung. Setelah dilakukan penelitian, data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian kemampuan pedagogik mahasiswa pendidikan fisika semester V Universitas Jambi diperoleh berdasarkan indikator kemampuan pedagogik. Indikator pemahaman terhadap peserta didik dikatakan cukup baik memiliki presentasi 74%. Indikator kemampuan merancang pembelajaran dikatakan baik memiliki presentase 68%. Indikator kemampuan melaksanakan kegiatan pembelajaran dikatakan baik memiliki presentase 72%. Indikator kemampuan dalam evaluasi hasil belajar dikatakan cukup baik memiliki presentase 74%. Indikator kemampuan mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai potensi yang dimilikinya dikatakan tidak baik memiliki presentase 95%. Hasil terendah yang diperoleh yaitu indikator kemampuan mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai potensi yang dimilikinya dimana mahasiswa belum dapat mengetahui potensi yang dimiliki peserta didik. Dari lima kemampuan yang diamati, dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan pedagogik mahasiswa semester V dikatakan cukup baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nurtri Mulyani
Date Deposited: 08 Jun 2020 02:18
Last Modified: 08 Jun 2020 02:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11958

Actions (login required)

View Item View Item