Pengembangan Buku Pengayaan Fisika Pada Struktur Pondasi Rumah Tradisional Seberang Kota Jambi

PUTRI, NADYA (2020) Pengembangan Buku Pengayaan Fisika Pada Struktur Pondasi Rumah Tradisional Seberang Kota Jambi. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
Cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sumber belajar yang secara khusus dapat mengembangkan pendidikan karakter pada pembelajaran fisika. Selain karena pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk generasi muda, sumber belajar yang berbeda dari biasanya akan menjadi lebih menarik bagi mahasiswa dalam menambah wawasan dan pengetahuan. Sumber belajar pendukung bisa menjadi media pembelajaran yang dapat menyalurkan wawasan mahasiswa dalam membangun pendidikan karakter melalui kearifan lokal, seperti rumah tradisional di Seberang Kota Jambi. Pembelajaran melalui kearifan lokal mampu menambah pengetahuan mahasiswa dalam mengenal nilai-nilai luhur yang ada pada rumah tradisional Jambi melalui bidang ilmu fisika. Salah satu sumber belajar yang dimaksud yakni buku pengayaan pengetahuan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan buku pengayaan yang dapat menjadi sumber belajar pendukung mahasiswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Namun peneliti hanya melakukan hingga tahap pengembangan (Development). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 32 mahasiswa angkatan 2017 kelas Reguler A Pendidikan Fisika Universitas Jambi pada Januari 2020. Adapun hasil penelitian diperoleh dengan melakukan uji validasi ahli media dan ahli materi terlebih dahulu. Setelah melewati proses validasi dan revisi buku pengayaan fisika, langkah selanjutnya adalah menyebarkan angket persepsi mahasiswa. Mahasiswa memberikan persepsinya terhadap buku pengayaan fisika yang telah dicetak dan disebar bersamaan dengan penyebaran angket persepsi. Persentase rata-rata yang diperoleh dari dua kali validasi yakni 78,5% dan 100%, sehingga tergolong kriteria sangat layak pada masing-masing aspek dari seluruh validasi. Sedangkan persentase rata-rata yang diperoleh dari angket persepsi mahasiswa terhadap buku pengayaan fisika yang dikembangkan yakni 86,47% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa produk berupa buku pengayaan fisika yang dikembangkan dapat menjadi sumber belajar pendukung yang menarik dan dapat memperluas wawasan serta pengetahuan pembaca.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NADYA PUTRI
Date Deposited: 08 Jun 2020 02:23
Last Modified: 08 Jun 2020 02:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11960

Actions (login required)

View Item View Item