POLA ASUH IBU DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI ANAK SUPERIOR DI SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI(Studi Kasus)

ROPIATIN, ROPIATIN (2020) POLA ASUH IBU DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI ANAK SUPERIOR DI SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI(Studi Kasus). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)

Abstract

POLA ASUH IBU DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI ANAK SUPERIOR DI SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI (Studi kasus) Disusun oleh: ROPIATIN NIM. RRA1E115036 Pembimbing 1 : Drs. Suparjo Herlambang, M.Pd Pembimbing 2 : Siti Amanah, S.Pd, M.Pd ABSTRAK Pola asuh orangtua terutama ibu dirumah yang diterima oleh setiap anak sangatlah beragam, hal ini tergantung dari cara pola asuh keluarga yang diterapkan oleh orangtua kepada anaknya. Orangtua terutama ibu hendaknya memikirkan kondisi anak untuk mempertimbangkan cara-cara mendidik anak, sehingga kemudian dapat memutuskan dengan tepat jenis pola asuh yang akan diterapkan terhadap anak. Secara umum anak yang memperoleh pola asuh yang baik dari kedua orangtuanya, cenderung memiliki kebiasaan-kebiasaan atau pola tingkah laku yang baik dalam kehidupan keseharian di lingkungan keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat. Salah satu keistimewaan pada anak adalah adanya keberbakatan dan kecerdasan atau banyak yang menyebutnya sebagai superior, anak superior memiliki kecerdasan di atas rata-rata biasanya dengan IQ diatas 120. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan mendeskripsikan pola asuh yang di terapkan ibu kepada anak superior dalam mengembangkan prestasi. Pada penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Kota Jambi pada siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah a) Teknik pengumpulan data dengan observasi, b) Teknik pengumpulan data dengan wawancara, c) Teknik pengumpulan data dengan dokumen, d) Triangulasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan model analisa data Miles dan Huberman yaitu: 1) Tahap reduksi data 2) Tahap penyajian data 3) Tahap verifikasi data. Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa pola asuh anak superior yang memiliki kecerdasan diatas 120 ke atas berbeda-beda yang diterapkan orang tua nya dirumah. Peneliti menyimpulkan bahwa pola asuh yang diterapkan ibu dirumah sangat berpengaruh terhadap perkembangan prestasi anak terutama anak superior yang memiliki IQ diatas 120, dengan pola asuh yang benar di terapkan ibu berdasarkan kemampuan dan kebutuhan anak maka dapat membantu mengembangkan prestasi anak superior. Hasil penelitian ini memberikan saran bagi orang tua terutama seorang ibu yang memiliki anak dengan tingkat kecerdasan yang tinggi hendaknya di berikan bimbingan dan motivasi dengan menerapkan pola asuh yang sesuai untuk membantu mengasah dan mengembangkan prestasi-prestasi yang anak miliki. Kata Kunci: Pola Asuh Ibu, Mengembangkan Prestasi Anak Superior.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ROPIATIN
Date Deposited: 09 Jun 2020 02:46
Last Modified: 09 Jun 2020 02:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11965

Actions (login required)

View Item View Item