IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENDUKUNG KETERAMPILAN ABAD 21 DI KELAS V SEKOLAH DASAR

mulyani, jihan sri (2020) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENDUKUNG KETERAMPILAN ABAD 21 DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover pdf .pdf

Download (43kB)
[img] Text
pengeshan.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR ISI repository_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I fix nian.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB V fixx nian.pdf

Download (92kB)

Abstract

Mulyani, Jihan Sri. 2020. Implementasi Model Problem Based Learning dalam Mendukung Keterampilan Abad 21 di kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan Abad 21, Model Problem Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara guru mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Mendukung Keterampilan Abad 21 di Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan di kelas V A SD Negeri Nomor 64/I Muara Bulian pada tanggal 13 Januari 2020 sampai 28 Februari 2020. Data penelitian diperoleh melalui proses Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif menggunakan teori teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas Reduksi Data, Penyajian Data dan Pengambilan Kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa : (1) Melalui Implementasi Model Problem Based Learning di kelas V A Sekolah Dasar 64/I Muara Bulian dapat memberikan dampak positif dalam mengasah keterampilan abad 21. (2) Cara guru mengimplementasi Model Problem Based Learning untuk mendukung keterampilan Abad 21 di kelas V Sekolah dasar adalah menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, memberikan pengertian dan pemahaman tentang topik pembelajaran, memberikan kesempatan kepada peserta didik yang luas untuk mendiskusikan materi-materi yang telah dijabarkan, baik dalam individu maupun kelompok, memfokuskan perhatian terutama pada peserta didik yang cenderung pasif, tetap menghargai pendapat peserta didik meskipun pendapat peserta didik kurang tepat kemudian membetulkan dan memberikan penguatan sehingga peserta didik tidak takut untuk terus mencoba, serta guru menciptakan suasana yang menyenangkan atau tidak membosankan selama pembelajaran agar peserta didik tidak merasa takut dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: JIHAN SRI MULYANI
Date Deposited: 11 Jun 2020 01:56
Last Modified: 11 Jun 2020 01:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11968

Actions (login required)

View Item View Item