Analisis Pemahaman Konsep Materi Listrik Dinamis dengan Resource Theory pada Siswa Kelas XII di SMAN 1, 8, 11 Muaro Jambi Tahun 2019/2020

Tarigan, Kristina Br (2020) Analisis Pemahaman Konsep Materi Listrik Dinamis dengan Resource Theory pada Siswa Kelas XII di SMAN 1, 8, 11 Muaro Jambi Tahun 2019/2020. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
Cover_Skrispsi_Kristina.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Halaman_Pengesahan_Kristina.pdf

Download (676kB)
[img] Text
Daftar_Isi_Skripsi_Kristina.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I_BAB V_Kristina.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa. Dalam analisis pemahaman konsep ada tiga cara untuk menganalisis pemahaman konsep, yaitu miskonsepsi, resource theory atau potongan pengetahuan, dan ontologis. Penelitian yang dilakukan adalah analisis pemahaman konsep berdasarkan resource theory dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa berdasarkan resource theory yang diaktivasi pada siswa SMA terkait materi listrik dinamis. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII di SMAN 1 Muaro, SMAN 8 Muaro Jambi, dan SMAN 11 Muaro Jambi pada bulan November 2019. Dengan subjek penelitian sebanyak 72 siswa angkatan 2019/2020. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan tes berupa soal pilihan ganda beralasan sebanyak 7 butir kepada siswa mengenai materi listrik dinamis. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus persente. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata Analisis Pemahaman Konsep Materi Listrik Dinamis dengan Resource Theory pada Siswa Kelas XII di SMAN 1, 8, 11 Muaro Jambi Tahun 2019/2020 adalah 26,38% dari keseluruhan sampel yang diteliti. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang hanya mengerti potongan-potongan pengetahuan saja, sehingga masih banyak siswa yang belum dapat memahami dengan jelas konsep-konsep dasar listrik dinamis.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KRISTINA BR TARIGAN
Date Deposited: 11 Jun 2020 04:02
Last Modified: 11 Jun 2020 04:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11971

Actions (login required)

View Item View Item