Pengaruh Intensitas Belajar dan Gaya Belajar Visual terhadap Hasil Belajar pada Matakuliah Teori Ekonomi Makro

Ramalia, Aminah (2020) Pengaruh Intensitas Belajar dan Gaya Belajar Visual terhadap Hasil Belajar pada Matakuliah Teori Ekonomi Makro. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
cover.pdf

Download (258kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (501kB)
[img] Text
daftar isi baru-dikonversi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
bab 1 revisi sidang.pdf

Download (378kB)
[img] Text
bab 5 revisi sidang.pdf

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Ramalia, Aminah. 2020. Pengaruh Intensitas Belajar dan Gaya Belajar Visual terhadap Hasil Belajar pada Matakuliah Teori Ekonomi makro: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Ekawarna, M.Psi., (II) Fachruddiansyah Muslim, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: Intensitas Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar Hasil belajar dapat menggambarkan kemampuan yang di dapat peserta didik setelah proses pembelajaran yang mereka ketahui dan pelajari. Beberapa aspek yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah intensitas belajar, intensitas belajar merupakan frekuensi atau jumlah belajar mahasiswa dalam tingkat waktu tertentu untuk memperoleh pengalaman secara maksimal. Selain itu disertai dengan gaya belajar visual yang ditimbulkan dari penggunaan video pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara: (1) intensitas belajar terhadap Hasil Belajar, (2) Gaya Belajar Visual terhadap Hasil Belajar, (3) Intensitas Belajar dan Gaya Belajar Visual terhadap Hasil Belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 62 mahasiswa dari program studi pendidikan ekonomi angkatan 2018 yang mengontrak matakuliah teori ekonomi makro. Pengujian analisis menggunakan uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan intensitas belajar terhadap hasil belajar pada mata kuliah teori ekonomi makro (2) terdapat pengaruh signifikan terhadap gaya belajar visual terhadap hasil belajar pada matakuliah teori ekonomi makro (3) terdapat pengaruh signifikan intensitas belajar dan gaya belajar visual secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada matakuliah teori ekonomi makro. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 51%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AMINAH RAMALIA
Date Deposited: 11 Jun 2020 02:18
Last Modified: 11 Jun 2020 02:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11976

Actions (login required)

View Item View Item