persepsi siswa terhadap layanan penguasaan konten di smp negeri 19 kota jambi

khoiri, muhammad asroril persepsi siswa terhadap layanan penguasaan konten di smp negeri 19 kota jambi. media internet.

[img]
Preview
Text
ERA1D012092-Artikel.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pendidikan sekolah menengah Pertama (SMP) memberikan bekal kemampuan dasar yang merupakan perluasan serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh disekolah dasar yang bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan kehidupan sebagai pribadi,anggota masyarakat,dan warga negera sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendididkan menengah. Terwujudnya manusia Indonesia seutuhnya yang cerdas, yang beriman dan beragama kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan,kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab kernasyarakatan dan kebangsaan (Prayitno; 2004:24). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kualitas persepsi siswa terhadap layanan penguasaan konten di SMP Negeri 4 Kota Jambi tentang materi kemampuan belajar,motivasi belajar,dan materi sikap dan kebiasaan belajar, sedangkan pertanyaan penelitian yang hares dijawab adalah pada kualitas manakah persepsi siswa terhadap layanan penguasaan konten di SMP Negeri 4 Kota Jambi tentang materi kemampuan belajar, materi motivasi belajar, dan materi sikap dan kebiasaan belajar?. Penelitian yang akan dilakaukan men.ggunakan metoda deskriptif, artinya metode yang menggambarkan dan mengungkapkan suatu keadaan yang sedang berlangsung sekarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara simple rondom sampling dengan jumlah populasi 120 orang siswa dan diambil sampel sebanyak 60% dengan jumlah sampel 72 orang siswa Persepsi siswa terhadap layanan penguasaan konten di SMP Negeri 4 Kota Jambi secara umum dari indikator indikator dengan kualitas baik (80%), untuk indikator : (1) materi tentang kemampuan belajar berada pada kualitas baik (77.9%), (2) materi tentang motivasi belajar berada pada kualitas baik (82.2%), dan (3) materi tentang sikap dan kebiasaan belajar berada kualitas baik (80,4%). Implikasi hasil penelitian ini terhadapa dunia bimbingan dan konseling adalah bahwa dalam penyelengaraan layanan penguasaan konten bimbingan dan konseling, kondisi persepsi siswa akan membawa turut mempengaruhi tujuan / hasil yang ingin dicapai dan kegiatan layanan yang dilangsungkan. Selain itu, mahasiswa bimbingan dan konseling agar kiranya dapat mengembangkan penelitian ini secara rinci dan kooperatif dimasa-masa yang akan datang. Program bimbingan dan konseling diberikan dalam penyelenggaraan layanan penguasaan konten diharapkan dapat menunjang layanan lainnya seperti layanan orientasi bimbingan kelompok, bimbingan karir dan konseling individu, konseling kelompok kepada para siswa baik seeara individu maupun kelompok atau klasikal. Kata Kunci : Layanan penguasaan konten

Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Depositing User: MUHAMMAD ASRORIL KHOIRI
Date Deposited: 13 Jul 2017 01:32
Last Modified: 13 Jul 2017 01:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1200

Actions (login required)

View Item View Item