PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KELAS VII SMP

NINGRUM, HENIE DESTIA (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KELAS VII SMP. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
0 - COVER DAN JUDUL.pdf

Download (210kB)
[img] Text
2 - HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
7 - DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (39kB)

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan di SMP Muhammadiyah 1 Kota jambi tidak menunjukkan kegiatan aktif dan bermakna bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi himpunan untuk peserta didik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur 4-D yakni terdiri tahap define, tahap design, tahap development, dan tahap disseminate yang terdiri dari dua ahli yaitu ahli materi dan ahli desain. Uji coba dilakukan di kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020 yang berjumalah 24 peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi LKPD (ahli materi dan ahli desain), lembar praktikalitas LKPD (Angket respon pendidik dan peserta didik) dan lembar efektifitas LKPD (tes hasil belajar peserta didik dan lembar observasi aktivitas peserta didik). Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Hasil validasi ahli materi diperoleh 100% (sangat valid), hasil validasi ahli desain diperoleh 76,15% (valid), hasil respon pendidik diperoleh 97,14% (sangat praktis), hasil respon peserta didik diperoleh 89,18% (sangat praktis), hasil tes belajar peserta didik diperoleh 75% (efektif) dan hasil lembar observasi aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama diperoleh 95%, pertemua kedua 90%, dan pertemuan ketiga 95% (sangat baik). Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: HENIE DESTIA NINGRUM
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:11
Last Modified: 12 Jun 2020 02:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12019

Actions (login required)

View Item View Item