Risal, Jaf (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS BITEABLE PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 1 SMA 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.
Text
cover.pdf Download (19kB) |
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (354kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (28kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (163kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (112kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang efektif dan menariknya media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Peneliti mengembangkan suatu media pembelajaran yaitu media pembelajaran audio visual berbasis biteable. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran biteable mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 SMA N 11 Kota Jambi serta mengetahui kevalidan dan respon siswa terhadap media pembelajaran biteable berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran dan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA 11 Kota Jambi kelas XI IPS 1 pada februari-maret 2020. Data penelitian berupa kevalidan diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada validator ahli (ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran). Pada respon, diperoleh dengan cara menyebarkan angket dan soal pretest posttest kepada siswa. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran biteable dinyatakan valid. Hal ini didasari dari hasil analisis kevalidan produk media oleh validator ahli. Pada validasi ahli materi, Validasi tahap akhir didapat hasil persentase sebesar 90% dengan kriteria interpretasi “sangat valid”. Pada validasi ahli media, Validasi tahap akhir didapat hasil persentase sebesar 90% dengan kriteria interpretasi “sangat valid”. Pada proses validasi praktisi pembelajaran, didapat hasil persentase sebesar 87% dengan kriteria interpretasi “sangat valid”. Media pembelajaran biteable mendapat respon yang baik dari siswa. Pada hasil analisis kemenarikan media, uji coba kelompok kecil, diperoleh hasil angket dengan persentase 88,3%. Dengan kriteria interpretasi “sangat menarik”. Uji coba kelompok besar, diperoleh hasil angket dengan persentase 92,06%. Dengan kriteria interpretasi “sangat menarik”. Pada hasil analisis keefektifan produk melalui kegiatan pretest dan posttest, diperoleh hasil pada pertemuan I terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 49,05% dan pada pertemuan II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 37,50%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, media pembelajaran audio visual berbasis biteable yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran ekonomi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | JAFRISAL |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 02:35 |
Last Modified: | 15 Jun 2020 02:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12024 |
Actions (login required)
View Item |