PRIMA PUTRA, AHMED (2020) STUDI KASUS TENTANG KOMUNIKASI VERBAL GURU PEMBIMBING YANG BERLATAR BELAKANG BUDAYA JAWA, MINANGKABAU, BATAK DI SMP NEGERI KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (102kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (133kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
Abstract
STUDI KASUS TENTANG KOMUNIKASI VERBAL GURU PEMBIMBING YANG BERLATAR BELAKANG BUDAYA JAWA, MINANGKABAU, BATAK DI SMP NEGERI KOTA JAMBI Disusun Oleh: AHMED PRIMA PUTRA RRA1E115025 Pembimbing 1 : Drs. Nelyahardi Gutji, M. Pd Pembimbing 2 : Hera Wahyuni, S. Pd., M. Pd ABSTRAK Komunikasi sangat diperlukan oleh guru pembimbing secara verbal dan nonverbal, Seorang guru, baik itu guru kelas, guru bidang studi maupun guru bimbingan konseling (konselor) perlu menjalin komunikasi secara formal maupun non-formal, secara pribadi maupun kelompok kepada siswanya, Hal tersebut dilakukan untuk semakin dapat memperoleh informasi lebih dalam mengenai para siswa yang dididiknya, dengan demikian siswa akan merasa diperhatikan oleh guru pembimbing dalam penyelesaian masalah yang mereka hadapi sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk Mengungkapkan komunikasi verbal guru pembimbing berlatar belakang budaya jawa, Minangkabau, dan batak. Pada penelitian ini hanya meneliti bentuk komunikasi verbal guru pembimbing saat melaksanakan konseling. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Kota Jambi dan SMPN 8 Kota Jambi. jenis penelitian ini menggunakan kulitatif pendekatan studi kasus, partisipan dalam penelitian ini yaitu SK, YD, dan SL dan yang menjadi informan yaitu SPA, RIS, RF, ANM, DES, PP, SSH, SS, dan ZCK.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah a) Teknik pengumpulan data dengan observasi, b) Teknik pengumpulan data dengan wawancara, c) Teknik pengumpulan data dengan dokumen, d) trianggulasi. Teknik Analisa data penelitian ini menggunakan model Analisa data miles dan Huberman yaitu 1) tahap reduksi data 2) tahap penyajian data dan 3) tahap verifikasi data. Dari penelitian ini terungkap bahwa guru pembimbing dari masing-masing budaya memiliki ciri khas dalam melakukan konseling. Peneliti menyimpulkan bahwa guru pembimbing dari masing masing budaya memiliki bentuk komunikasi verbal yang berbeda. Hasil penelitian ini memberikan saran bagi guru pembimbing yang berlatar belakang suku yang berbeda di harapkan saat proses konseling menggunakan komunikasi yang mudah dipahami. Kata kunci : komunikasi verbal, bentuk komunikasi verbal, keterampilan verbal
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Ahmed Prima Putra |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 02:12 |
Last Modified: | 12 Jun 2020 02:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12025 |
Actions (login required)
View Item |