Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Focusky terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis di kelas X SMK N 1 Kota Jambi

Yoga, Frendy (2020) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Focusky terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis di kelas X SMK N 1 Kota Jambi. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
cover (2).pdf

Download (118kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB III (2).pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (88kB)

Abstract

Yoga, Frendy. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Focusky Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Di Kelas X SMK N 1 Kota Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Farida Kohar, M.P(II) Ahmad Nasori S.Pd M.Pd Kata kunci: Media pembelajaran focusky, hasil belajar. Media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam proses kegiatan belajar mengajar, karena dengan media pembelajaran dapat membantu terjalinnya komunikasi yang baik dalam penyampaian materi Media pembelajaran banyak yang digunakan saat ini adalah berbasis aplikasi, yang paling banyak digunakan oleh banyak sekolah ialah power point. Tetapi pada kenyataannya power point pun sudah mulai tidak efektif lagi dikarenakan terlalu monoton dan kurang mewujudkan proses pembelajaran yang efektif dan mengakibatkan hasil belajar yang kurang memuaskan, hal ini terlihat dari nilai ulangan mid semester siswa mata pelajaran ekonomi bisnis yang tergolong rendah yaitu dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran focusky terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X di SMK N 1 Kota Jambi Penelitian termasuk kedalam penelitian eksperimen, dan jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Rancangan yang akan dipakai adalah Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X tata niaga SMK N 1 Kota Jambi yang berjumlah 207 siswa, dengan sampel kelas X TN 3 sebagai kelas eksperimen dan X TN 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Berdasarkan hasil tes dari soal posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa maka diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen dengan mean (skor rata-rata) = 85,42, median (skor tengah) = 86,7, modus (skor yang sering muncul) = 86,7, dan simpangan baku = 4,57, sedangkan untuk data posttest kelas kontrol nilai mean (skor rata-rata) = 77,81, median (skor tengah) = 76,7, modus (skor yang sering muncul) = 76,7, dan simpangan baku = 7,48. Hasil ini diperkuat dengan hasil analisis uji-t diperoleh nilai thitung = 5,138 dan ttabel = 1,995. Karena thitung>ttabel atau (5,138 > 1,995) berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran focusky terhadap hasil belajar ekonomi bisnis siswa kelas X SMK N 1 Kota Jambi. Kepada guru agar dapat menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi. Jangan hanya menggunakan pembelajaran yang hanya menjelaskan, berceramah dan membaca, karena siswa lebih mudah bosan dengan pembelajaran yang seperti itu, siswa membutuhkan sesuatu yang membuat siswa tersebut merasa penasaran agar siswa menjadi antusias untuk memperhatikan sehingga siswa lebih memahami konsep materi yang disampaikan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: FRENDY YOGA
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:32
Last Modified: 15 Jun 2020 07:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12041

Actions (login required)

View Item View Item