Herminda, Herminda (2020) Pengaruh Peningkatan Mutu Pendidikan dan Prestasi Akademik Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. S1 thesis, FKIP.
Text
Cover.pdf Download (161kB) |
|
Text
Halaman Pengesahann.pdf Download (215kB) |
|
Text
Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Table, Daftar Lampiran.pdf Download (188kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (413kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (162kB) |
Abstract
ABSTRAK Herminda. 2020. Pengaruh Peningkatan Mutu Pendidikan dan Prestasi Akademik Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd,. (II) Iwan Putra, S.E., M.S.Ak., Kata Kunci: mutu, prestasi, minat Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi. Faktor peningkatan mutu pendidikan dan prestasi akademik didiuga merupakan salah satu faktor penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh positif dan signifikansi antara peningkatan mutu pendidikan dan prestasi akademik terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 dan 2018 sebanyak 142 mahasiswa. Sampel yang terpilih dengan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Sampling yaitu sebanyak 58 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptifi kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan antara peningkatan mutu pendidikan terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi. Hal ini didukung berdasarkan hasil analisis uji t dengan bantuan SPSS 17.0 thitung sebesar 3,789 dan ttabel 1,673 atau 3,789 > 1,673 dan nilai signifikansi lebih kecil dari probabilitas 0,05 atau 0,000 < 0,05. Kedua, tidak terdapat pengaruh antara pengaruh yang signifikan antara prestasi akademik terhadap minat menjadi guru ekonomi. Berdasarkan analisis uji t dengan bantuan SPSS 17.0 diperoleh thitung sebesar 0,44 dan ttabel 1,673 atau 0,44 < 1,673 dan nilai signifikansi lebih besar dari probabilitas 0,05 atau 0,965 > 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh antar peningkatan mutu pendidikan dan prestasi akademik terhadap minat menjadi guru ekonomi.Berdasarkan analisis uji F dengan bantuan SPSS 17.0 diperoleh Fhitung sebesar 7,178 dengan nilai sig = 0,002. Nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (7,178 > 3,16), dan nilai sig, lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,002 < 0,05. Dari hasil penelitian disarankan agar mahasiswa meningkatakan perhatian terhadap peningkatan mutu pendidikan dan prestasi akademik agar dapat menjadi guru ekonomi yang berkualitas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Herminda |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 07:36 |
Last Modified: | 15 Jun 2020 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12052 |
Actions (login required)
View Item |