Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asam Basa di Kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi

Hafizhah, Shabrina Nur and Bakar, Abu and Afrida, Afrida (2020) Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asam Basa di Kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (109kB)
[img] Text
halaman pengesahan up.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

Kurikulum 2013 revisi 2017 menuntut siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam proses pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis merupakan cara berpikir reflektif dan beralasan yang difokuskan pada pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatakan kemampuan berpikir kritis adalah model pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran POE dan pengaruhya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran POE baik dari guru maupun dari siswa dan tes esai berpikir kritis siswa. Untuk melihat pengaruh pelaksanaan model pembelajaran POE dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment. Pelaksanaan model pembelajaran POE oleh siswa sebesar 68,39% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 71.40% dengan kategori baik. Pengaruh pelaksanaan model pembelajaran POE dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy=0.599 dengan tingkat pengaruh sedang. Hasil uji koefisien determinasi pelaksanaan model pembelajaran POE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh Kd= 36% dengan tingkat pengaruh rendah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran POE berjalan dengan baik dan memberikan pengaruh dengan kategori rendah terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi asam basa di kelas XI MIPA 2 SMAN 10 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: SHABRINA NUR HAFIZHAH
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:37
Last Modified: 16 Jun 2020 02:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12067

Actions (login required)

View Item View Item