Rahmi, Aulia and Haryanto, Haryanto and Malik, Affan (2020) Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing dan Pengaruhnya Terhadap Kreativitas Peserta Didik pada Materi Stoikiometri. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (208kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (239kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (299kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (181kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
Abstract
Rahmi, Aulia. 2020. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing dan Pengaruhnya Terhadap Kreativitas Peserta Didik pada Materi Stoikiometri. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Haryanto, M.Kes, Pembimbing II: Drs. Affan Malik, M.E Kata kunci: Problem Posing, Kreativitas, dan Stoikiometri. Salah satu sektor yang berperan penting dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0 adalah pendidikan. Pendidikan harus mampu mewadahi peserta didik untuk menghadapi kemajuan teknologi dan perkembangan era industri. Terdapat beberapa kompetensi yang dibutuhkan peserta didik untuk menghadapi era revolusi 4.0, salah satunya yaitu kreativitas dan kemampuan inovatif. Model problem posing diyakini dapat melatih dan meningkatkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model problem posing dan pengaruhya terhadap kreativitas peserta didik pada materi stoikiometri. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis triangulasi konkuren yaitu teknik mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif dalam waktu yang bersamaan pada tahap penelitian. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik total sampling yaitu kelas X MIPA. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi penggunaan model problem posing baik oleh guru dan peserta didik, lembar observasi kreativitas peserta didik serta tes essay. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi product moment yang selanjutnya dilihat signifikansi pengaruhnya terhadap kreativitas peserta didik dengan menggunakan uji t. Penggunaan model problem posing oleh peserta didik sebesar 74,12% dengan kategori baik dan persentase kreativitas peserta didik pada ranah afektif dan psikomotorik sebesar 65,71% dengan kategori baik serta pada ranah kognitif sebesar 75,00% dengan kategori baik pula. Hubungan penggunaan model problem posing dan kreativitas peserta didik pada ranah afektif dan psikomotorik diperoleh rxy=0,812 dengan tingkat hubungan sangat kuat; terhadap kreativitas ranah kognitif diperoleh rxy=0,646 dengan tingkat hubungan kuat; terhadap kreativitas secara keseluruhan diperoleh rxy=0,790 dengan tingkat hubungan kuat. Hasil perhitungan uji t diperoleh nilai 6,672 (untuk rxy=0,812); nilai 4,059 (untuk rxy=0,646); dan nilai 6,179 (untuk rxy=0,790). Ketiga nilai tersebut jika dibandingkan dengan ttabel = 2,069 maka diketahui thitung > ttabel dengan dk = 23 dan taraf nyata α = 0,05. Dengan demikian hipotesis penelitian (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model problem posing berjalan dengan baik dan memberikan pengaruh terhadap kreativitas peserta didik, baik pada ranah afektif dan psikomotorik maupun kognitif serta terhadap kreativitas secara keseluruhan pada materi stoikiometri di kelas X MIPA SMA Adhyaksa I Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | Aulia Rahmi |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 02:38 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 02:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12072 |
Actions (login required)
View Item |