PENGARUH PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MEMFASILITASI SELF REGULATED LEARNING (SRL) SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMPN 22 KOTA JAMBI

TANJUNG, MITA JULIANTY (2020) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MEMFASILITASI SELF REGULATED LEARNING (SRL) SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMPN 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (40kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMPN 22 Kota Jambi masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dalam memfasilitasi Self Regulated Learning siswa. Dan mengetahui tingkat Self Regulated Learning siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif tipe eksperimen dengan rancangan The Randomized Posttest-Only Contol Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 22 Kota Jambi dan sampel penelitian kelas eksperimen VIIG dan kelas kontrol VIIH yang diperoleh menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes, angket, dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh nilai t_hitung =4,412 dan t_tabel =2,002. Karena t_hitung berada di luar daerah penerimaan H0 maka H0 di tolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi metakognitif dengan strategi ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dalam memfasilitasi Self Regulated Learning siswa Kelas VII SMPN 22 Kota Jambi. Berdasarkan analisis angket, diperoleh bahwa tingkat self regulated learning siswa di kelas eksperimen untuk kategori tinggi sebesar 33,3%, kategori sedang 40%, dan kategori rendah 26,7%. Sedangkan tingkat self regulated learning siswa pada kelas kontrol untuk kategori tinggi sebesar 20%, kategori sedang 33,3%, dan kategori rendah 46,7%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MITA JULIANTY TANJUNG
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:38
Last Modified: 16 Jun 2020 02:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12075

Actions (login required)

View Item View Item