Syafitri, Aulia ANALISIS KESULITAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA EKSTROVERT DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII-D SMP N 22 KOTA JAMBI. ANALISIS KESULITAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA EKSTROVERT DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII-D SMP N 22 KOTA JAMBI. (Submitted)
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI, Gambar, Tabel, Lampiran.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
5. BAB V.pdf Download (45kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan kemampuan representasi matematis siswa ekstrovert dikelas VII-D dalam menyelesaikan soal matematika pada materi aljabar, serta mengetahui faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam memenuhi indikator kemampuan representasi matematis. Dalam penelitian ini kemampuan representasi matematis yang diukur berdasarkan aspeknyanya yaitu meliputi aspek representasi visual, aspek representasi ekspresi matematis, dan aspek representasi kata atau teks tertulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang siswa yang diambil dari kelas VII-D, yaitu siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert. Hasil penelitian menunjukan bahwa SE1, SE2, SE3 dan SE4 yang merupakan siswa dengan kepribadian ekstrovert tidak mengalami kesulitan pada aspek visual. Pada aspek representasi persamaan atau ekspresi matematis Siswa SE1, SE3, dan SE4 mengalami kesulitan dalam membuat model atau persamaan matematis. Pada aspek kata atau teks tertulis siswa SE2, SE3, dan SE4 mengalami kesulitan saat menentukan langkah-langkah apa yang akan dilakukan untuk penyelesaian masalah matematis. Faktor penyebab kesulitan kemampuan representasi matematis keempat subjek pada aspek visual, aspek representasi ekspresi matematis, dan aspek representasi kata atau teks tertulis yaitu faktor non kognitif belajar. Kata Kunci : Kesulitan, Kemampuan Representasi Matematis, Ekstrovert, Soal Matematika
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AULIA SYAFITRI |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 02:48 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 02:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |