MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI TKR 1 TENTANG HIV/AIDS MELALUI PERMAINAN “MENGAPA-KARENA” DALAM LAYANAN INFORMASI DI SMKN 3 KOTA JAMBI

Mardiani, Edo (2020) MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI TKR 1 TENTANG HIV/AIDS MELALUI PERMAINAN “MENGAPA-KARENA” DALAM LAYANAN INFORMASI DI SMKN 3 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI TKR 1 TENTANG HIV/AIDS MELALUI PERMAINAN “MENGAPA-KARENA” DALAM LAYANAN INFORMASI DI SMKN 3 KOTA JAMBI Disusun Oleh: EDO MARDIANI RRA1E115003 Pembimbing 1 : Drs. Joni Afri, M.Pd Pembimbing 2 : Affan Yusra, S.Pd., M.Pd ABSTRAK Dalam memperbaiki pelaksanaan layanan informasi, peneliti akan melaksanakan penelitian pada layanan informasi tentang HIV/AIDS melalui permainan “Mengapa–Karena” pada siswa kelas XI TKR 1. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi dalam meningkat pemahaman siswa kelas XI TKR 1 tentang HIV/AIDS melalui permainan ‘mengapa–karena’ di SMK Negeri 3 Kota Jambi. Layanan informasi adalah memberikan pemahaman kepada individu-individu yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas atau kegiatan, atau untuk menentukan arah suatu tujuan. Virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh manusia mudah terinfeksi beberapa penyakit. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan kumpulan berbagai gejala penyakit yang muncul karena menurunnya sistem kekebalan tubuh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan layanan (PTL) adalah usaha penemuan perbaikan atau pemantapan praktik layanan bimbingan konseling yang dilakukan secara sistematis, berdaur ulang (siklus), dengan 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 SMK Negeri 3 Kota Jambi dengan jumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar tes, observasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif persentase dan kualitatif. Berdasarkan hasil lembar tes yang diberikan kepada 30 orang siswa, pada kondisi awal dengan kategori sedang. Selanjutnya siklus I pertemuan pertama dengan kategori sedang dan pertemuan kedua dengan kategori tinggi. Kemudian dilanjutkan pada siklus II pada pertemuan pertama dengan kategori tinggi, pertemuan kedua dengan kategori tinggi. Pada siklus III pertemuan pertama juga dengan kategori tinggi dan pertemuan kedua dengan kategori sangat tinggi. Dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru pembimbing dengan tahapan layanan sebagai berikut: a) Tahap pengantaran, b) Tahap Penjajakan, c) Tahap Penafsiran, d) Tahap Pembinaan, e) Tahap Penutup. Pada siklus I pertemuan pertama dengan kategori rendah dan pertemuan dua dengan kategori sedang. Pada siklus II pertemuan pertama kategori tinggi dan pertemuan kedua dengan kategori tinggi. Pada siklus III pertemuan pertama tinggi dan pertemuan kedua sangat tinggi. Dari uraian yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan informasi melalui permainan mengapa-karena dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI TKR 1 tentang HIV/AIDS. Kata Kunci: Layanan Informasi, HIV/AIDS, Permainan Mengapa-Karena

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: EDO MARDIANI
Date Deposited: 16 Jun 2020 03:14
Last Modified: 16 Jun 2020 03:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12083

Actions (login required)

View Item View Item