HAKIKY, ELZA (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MENGGUNAKAN BUDAYA JAMBI PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. S1 thesis, FKIP.
Text
1.COVER.pdf Download (168kB) |
|
Text
3.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (340kB) |
|
Text
8.DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR,LAMPIRAN-dikonversi.pdf Download (143kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (426kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (256kB) |
Abstract
ABSTRAK Elza Hakiky. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) menggunakan Budaya Jambi pada Materi Aritmetika Sosial: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Wardi Syafmen, M.si, (II) Dr. Mujahidawati, M.Si. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Realistic Mathematic Education (RME), Budaya Jambi, Aritmetika Sosial Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) menggunakan Budaya Jambi pada Materi Aritmetika Sosial dan mendeskripsikan kualitas LKPD yang dikembangkan berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (2009) meliputi tahap Analisis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan peserta didik kelas VII SMPS Islam Al-Ikhlas Kota Jambi. Instrument penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli instrument, desain, materi, lembar observasi, angket respon pendidik dan peserta didik dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan mengalami beberapa kali revisi berdasarkan saran dan komentar dari validator desain dan materi. Kualitas LKPD dalam kategori kualitas media yang baik, dikarenakan LKPD memenuhi kriteria kevalidan dari ahli desain sebesar 83.15% dengan tingkat kevalidan “sangat valid” dan ahli materi sebesar 86.67% dengan tingkat kevalidan “sangat valid”. kriteria kepraktisan dari hasil uji coba perorangan oleh guru sebesar 100% dengan kriteria kepraktisan “sangat praktis” dan berdasarkan uji coba kelompok kecil sebesar 87.31% dengan kriteria kepraktisan “sangat praktis”. kriteria keefektifan berdasarkan persentase hasil tes belajar peserta didik yang tuntas sesuai KKM adalah 86.65%. Melihat Persentase aktivitas peserta didik saat pembelajaran menggunakan LKPD yaitu 83,85% dengan kategori “sangat baik”, dan hasil angket peserta didik terhadap penggunaan LKPD diperoleh persentase 89,69% dengan kategori “sangat efektif”.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ELZA HAKIKY |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 06:59 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 06:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12089 |
Actions (login required)
View Item |