Strategi Guru dalam Menanamkan Sikap Sosial pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi

Wanimbo, Oto (2020) Strategi Guru dalam Menanamkan Sikap Sosial pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
wanimbo Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI Gambar,Table,Lampiran.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (190kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Strategi guru dalam menanamkan sikap sosial pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri No. 55/I Sridadi. 2) Mendeskripsikan Strategi guru dalam menanamkan sikap sosial pada siswa kelas V melalui kegiatan di luar pembelajaran di sekolah dasar negeri 55/1Sridadi 3) faktor pendukun dan penghambat pelaksaanaan strategi guru dalam menanamkan sikap sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (kualitatif deskriptif). Pengumpulan data di lakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi Selajutnya, temuan data hasil penelitian di analisis melalui serangkaian analisis kualitatif, seperti melakukan prngumpulan data, mereduksi data yang tidak relevan, menanjikan data,kemudian penarikan data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil peneltian menujukan bahwa (1) strategi guru dalam menanamkan sikap sosial siswa kelas VA melalui kegiatan pembelajaran SD Negeri 55/I Sridadi adalah dengan kerja kelompok, (2)strategi guru dalam menanakan sikap sosial kelas V melalui kegiatan pembelajaran di luar pembelajaran keteladanan, pembiasaan,dan pemberian sanksi atau Hukuman. Kemampuan guru memberikan contoh sikap interaksi yang baik kepada siswa dan memberikan kalimat-kalimat positif yang mengandung nilai sikap sosial saat pembelajaran. (3) Faktor yang mempengaruhi pelaksaan strategi guru dalam menanamkan sikap sosial siswa kelas V SD Negeri 55/I Sridadi adalah faktor internal dan faktor eksternal.Sikap sosial kelas V yang tampak adalah percaya diri, disiplin diri dan tanggung jawab. Sedangkan yang kurang tampak adalah Sub.Indikator dari Disiplin diri yaitu melaksanakan kewajiban piket kelas.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Otonius Wanimbo
Date Deposited: 17 Jun 2020 00:13
Last Modified: 17 Jun 2020 00:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12090

Actions (login required)

View Item View Item