Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Korelasinya dengan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI MIPA SMAN Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti

Nainggolan, Mariana and epinur, epinur and Dewi, Fatria (2020) Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Korelasinya dengan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI MIPA SMAN Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB)

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan adanya suatu pendekatan ilmiah yang melibatkan keterampilan yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Hasil observasi ditemukan siswa kelas XI MIPA di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti masih banyak siswa yang memiliki tingkat hapalan yang baik tetapi kurang memahami konsep dan kurang memaknai apa yang dipelajarinya sehingga keterampilan proses sains yang dimiliki oleh peserta didik masih belum optimal. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan proses sains di dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan korelasinya dengan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan penyangga di SMAN Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran GI baik dari guru maupun siswa dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran GI dengan keterampilan proses sains siswa dilakukan uji korelasi product moment. Keterlaksanaan model pembelajaran GI oleh siswa adalah 68,08% dengan kategori baik dan persentase keterampilan proses sains siswa adalah 70,11% dengan kategori baik. Korelasi keterlaksanaan model pembelajaran GI dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh rxy = 0,68 dengan tingkat hubungan kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran GI berjalan dengan baik dan terdapat korelasi keterlaksanaan model GI dengan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 2 SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: MARIANA NAINGGOLAN
Date Deposited: 17 Jun 2020 00:14
Last Modified: 17 Jun 2020 00:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12095

Actions (login required)

View Item View Item