DARMAWAN, ALDO (2020) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN MORAL PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (92kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (83kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (205kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (393kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
Abstract
ABSTRAK Darmawan. A. 2020. Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Moral Peserta Didik Di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Arsil, M.Pd, Pembimbing (2) Ahmad Hariandi, S.Pd.I, M.Ag. Kata Kunci: Strategi guru, Kecerdasan moral Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menumbuhkan kecerdasan moral peserta didik di kelas IV sekolah dasar. Penelitian dilakukan pada kelas IV SDN No. 111/I Muara Bulian pada tanggal 5 Januari sampai dengan 27 Februari 2020. Data penelitian ini diperoleh melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif menggunakan teori teknik analisis model Miles dan Humberman yang terdiri atas reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa: dalam menumbuhkan kecerdasan moral peserta didik guru menggunakan berbagai strategi. Strategi yang digunkan guru adalah strategi menjadi model (Modelling) dan pemberi teguran, metode ceramah dan penjelasan teori, pemberian kepercayaan dan motivasi, penanaman sikap kedisiplinan dan pemberian hukuman (punishment), pengenalan lingkungan dan kegiatan sosial, memasukan materi tertentu kedalam pembelajaran, pembelajaran kelompok, tulisan-tulisan yang dipajang didepan kelas. Adapun hasil dari menumbuhkan kecerdasan moral kepada peserta didik dengan berbagai strategi yang digunakan guru ialah peserta didik sudah menunjukkan sikap empati dengan memahami perasaan orang lain, memiliki hati nurani dengan bersikap jujur dengan apa yang dikatakannya dan memiliki sikap pemaaf serta mampu bertanggung jawab dengan semua tugas yang diberikan, memiliki kontrol diri dengan menunjukkan sikap sabar dan mampu mengendalikan diri, menunjukkan rasa hormat kepada orang yang lebih tua dan bertutur kata yang sopan dan santun, membantu dan peduli terhadap sesama, menghargai perbedaan dengan orang lain, serta berlaku adil terhadap teman-temannya. Kemudian untuk faktor pendukung dan penghambat ialah berasal dari diri sendiri, orang tua, guru, teman sebaya dan pengaruh lingkungan sekitar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Aldo Darmawan |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 02:23 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 02:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12112 |
Actions (login required)
View Item |