Janah, Ainun and Kohar, Farida and Syuhada, Siti (2020) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA N 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER.pdf Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan Ainun Janah.pdf Download (320kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (273kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang rendah dan belum mencapai rata-rata kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 65, diketahui setelah diobsevasi hal ini disebabkan oleh respon siswa saat pembelajaran masih kurang, permasalahannya yaitu aktivitas belajar tidak terjadi aktif sebagaimana yang diharapkan, sehingga berdampak pada ketidak tercapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi. Metode Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan bentuk desain quasi experiment, yang dilakukan terhadap dua kelas sampel dengan memberikan perlakuan yang berbeda. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi, dengan sampel X IPS 1 dan X IPS 4. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan postest, data dianalisis untuk menguji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian yang dilaksanakan bahwa terdapat perbandingan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi. Dimana kedua model mampu meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Namun, model two stay two stray lebih baik terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA N 11 Kota Jambi dengan mempunyai nilai N-Gin 0,7 lebih tinggi dari pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang mempunyai nilai N-Gain 0,4. Dapat dilihat dari perolehan rata-rata selisih nilai pretest ke nilai posttes kelas eksperimen 1 yaitu 25.06 lebih tinggi dari pada rata-rata peningkatan pretest ke posttes kelas eksperimen II yaitu 15,18 dengan perhiitungan uji statistik diperoleh thitung > t tabel ( > 1,997) pada derajat signifikan 5%, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Hasil Belajar, Two Stay Two Stray, Jigsaw
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Ainun Janah |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 03:34 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 03:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12113 |
Actions (login required)
View Item |