IQBAL, JIHADIL (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT KESIMPULAN MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 30 LEMPUR KABUPATEN KERINCI TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
Text
COVER.pdf Download (108kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (70kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (386kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (324kB) |
Abstract
ABSTRAC Iqbal, jihadil. 2019. Peningkatan kemampuan membuat kesimpulan melalui metode eksperimen pada mata pelajaran ipa pada kelas V di sd negeri 30 lempur kabupaten kerinci tahun ajaran 2018/2019. Skripsi. Program studi pendidikan sekolah dasar. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas jambi. Pembimbing ; (I) Drs. Andi suhandi, S.Pd, M.Pd.i (II) Ahmad hariandi, S.Pd.i, M.Pd.i Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan Ibu Julita pada tanggal 17 maret 2019 selaku guru mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri 30 Lempur Kabupaten Kerinci, selama ini proses pembelajaran mata pelajaran IPA belum memanfaatkan kemampuan siswa secara maksimal dan masih didominasi oleh guru dikarenakan guru dalam mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan media yang digunakan hanya papan tulis, sehingga peserta didik kurang aktif dalam menyerap materi pembelajaran yang disampaikan oleh gurunya. Selain itu, guru juga kurang berinteraksi dengan siswa disaat menyampaikan materi pembelajaran. dari kondisi pembelajaran yang ditemukan, diperlukan proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran efektif yang mempermudah komunikasi antara pendidik dengan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membuat kesimpulan melalui metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 30 Lempur Kabupaten Kerinci Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dimaksud untuk memperoleh informasi mengenai keefektifitasan model eksperimen untuk meningkatkan kemampuan membuat kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA materi energi dan penggunaannya kelas V SD Negeri 30 Lempur Kabupaten Kerinci, dapat meningkatkan kemampuan membuat kesimpulan. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi pada Eksperimen I sampai Eksperimen II yang menyebutkan adanya peningkatan hasil kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan mata pelajaran IPA , siswa semula nilai rata-rata pre test 48 dan pada post test Eksperimen I menjadi 70 dan pada Eksperimen I meningkat 90. Persentase ketuntasan belajar pada Eksperimen I adalah 64% yang berarti bahwa ketuntasan belajar siswa masih dibawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 64% dari keseluruhan siswa. Pada Eksperimen II terdapat persentase ketuntasan belajar pada Eksperimen II adalah 84%, yang berarti bahwa persentase ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditentukan, yaitu 70% dari keseluruhan siswa. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan Metode eksperimen dapat menignkatkan kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan pada mata pelajaran IPA materi energi dan penggunaannya kelas V SD Negeri 30 Lempur Kabupaten Kerinci
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Jihadil Iqbal |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 04:26 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 04:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12125 |
Actions (login required)
View Item |