Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Animasi Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 pada Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII SMA

Safitri, Mutia and Haryanto, Haryanto and Sanova, Aulia (2020) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Animasi Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 pada Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran merupakan suatu cara yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu ilmu pengetahuan. Penggunaan Multimedia pembelajaran interaktif animasi dapat meningkatkan pemahaman siswa karena materi yang cukup sulit untuk dipahami dapat divisualisasikan dengan animasi serta gambar dan audio yang ditampilakan sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Multimedia pembelajaran interaktif animasi menggunakan aplikasi adobe flash yang telah teruji kelayakannya dan dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran pada salah satu materi kimia SMA di kelas XII yaitu sifat koligatif larutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk tersebut. Uji kelayakan dilakukan pada siswa dan guru SMAN 10 Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dari angket kelayakan multimedia hasil validasi ahli media, ahli materi dan praktisi serta angket respon siswa terhadap multimedia interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk Multimedia pembelajaran interaktif animasi pada materi sifat koligatif larutan yang telah melelui uji kelayakan media dengan validasi ahli materi, validasi ahli media dan penilaian guru terhadap Multimedia pembelajaran interaktif animasi serta diperoleh hasil respon siswa dengan persentase 86,22% “sangat baik” yang menyatakan bahwa siswa memberikan respon sangat baik terhadap Multimedia pembelajaran interaktif animasi yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif animasi menggunakan adobe flash professional CS6 pada materi sifat koligatif larutan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mutia Safitri
Date Deposited: 19 Jun 2020 08:11
Last Modified: 19 Jun 2020 08:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12128

Actions (login required)

View Item View Item