ANGGRAINI TONDANG, SUCI (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN PUZZLE DI TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN BUNDA KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (94kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (94kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (308kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (228kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
Abstract
ABSTRAK Tondang, Suci 2020 Meningkatkan Keterampilan Dalam Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Puzzle Di Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Nyimas Mu’azzomi, S.Ag., M.Pd.I dan Pembimbing II Dra. Kasmiati, M.Pd Kata Kunci: Kecerdasan Logika Matematika, Bermain Puzzle, Anak Usia Dini Penelitian ini berlatar belakang yaitu kecerdasan logika matematika anak kelompok B2 Di Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kota Jambi masih belum berkembang dengan optimal dikarenakan pada saat proses pembelajaran anak masih mengalami kesulitan dalam hal mengenal pola, mengklasifikasikan bentuk, dan memecahkan masalah. Kecerdasan Logika Matematika pada penelitian ini menggunakan teori Fadlillah (2014) kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan berhitung, menalar, berpikir logis, serta pemecahan masalah, sedangkan puzzle dalam penelitian ini menggunakan teori Deniati (2011) puzzle adalah suatu permainan edukatif yang dapat dilakukan untuk merangsang kemampuan matematika anak, yang dimainkan dengan cara membongkar pasang kepingan puzzle berdasarkan pasangannya, Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah kecerdasan logika matematika anak dapat ditingkatkan melalui bermain puzzle? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan logika matematika anak melalui bermain puzzle Kelompok B2 Taman Kanak-kanak Harapan Bunda Kota Jambi, rumusan masalah penelitian ini adalah apakah kecerdasan logika matematika anak dapat ditingkatkan melalui bermain puzzle pada Kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kota Jambi? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) menggunakan design Kemmis dan Mc. Taggart, dengan langkah-langkah penelitian tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi terhadap hasil kegiatan. Subjek penelitian anak usia 5-6 tahun kelompok b2 taman kanak-kanak harapan bunda kota jambi yang berjumlah 15 anak. Data deskriptif kuantutatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar observasi yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan nilai perkembangan dari Pratindakan 26,50%, Siklus I pertemuan I dengan nilai 29,76%, Siklus I Pertemuan II dengan nilai 35,47%, Siklus I Pertemuan III dengan nilai 39,12%, Siklus I Pertemuan IV dengan nilai 47,02%, Siklus II Pertemuan I dengan nilai 56,22%, Siklus II Pertemuan II dengan nilai 66,70%, Siklus II Pertemuan III dengan nilai 79,05% akhirnya Siklus II Pertemuan IV dengan nilai 87,93%. Sehubungan dengan teori yang telah diuraikan terdahulu, dapat dirumuskan hipotesis tindakan bahwa dengan bermain puzzle anak usia dini dapat mengembangkan kecerdasan logika matematika anak di Taman kanak-kanak harapan bunda kota jambi. Saran untuk penelitian selanjutnya sebaiknya peneliti dalam pelaksanaan kegiatan bermain puzzle harus lebih banyak memiliki variasi dalam bentuk, dan jenis pada masing-masing puzzle sehingga memiliki kesulitan tersendiri dalam penyusunannya untuk mencapai tingkat kecerdasan logika matematika yang lebih maksimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SUCI ANGGRAINI T |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 03:41 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 03:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12182 |
Actions (login required)
View Item |