Hoiria, Riska (2020) Deskripsi Kemampuan Penyelesaian Soal Fisika Siswa Tipe Kepribadian Guardian di Kelas XI IPA 2 SMAN 8 Kota Jambi. S1 thesis, fkip.
Text
cover 1.pdf Download (26kB) |
|
Text
halaman pengesahan-1.pdf Download (272kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (39kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (301kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (95kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa dalam menyelesaikan soal fisika kurang lengkap dalam menulis apa yang diketahui dari soal fisika, dan tidak memeriksa kembali jawaban yang diperoleh sehingga siswa tidak mampu mendeteksi kesalahan pada jawaban, hal ini menunjukan siswa belum mampu menyelesaikan soal fisika yang diberikan dengan baik. Setiap siswa dalam menyelesaikan masalah memiliki cara berpikir yang berbeda-beda, hal tersebut dipengaruhi oleh kepribadian yang berbeda-beda yang dimiliki oleh setiap siswa. Kersay menggolongkan tipe kepribadian seseorang kedalam 4 tipe salah satunya tipe kepribadian guardian. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Penyelesaian Soal Fisika Siswa Tipe Kepribadian Guardian Di Kelas XI IPA 2 SMAN 8 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Kota Jambi pada bulan Januari. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa yang memiliki tipe kepribadian guardian. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes dan wawancara. Dimana tes dilakukan untuk mengetahui tipe kepribadian dan kemampuan penyelesaian soal fisika dan wawancara siswa. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa tipe kepribadian guardian dalam mengerjakan soal fisika memiliki rencana yang detail, terstruktur dan diterapkan secara teliti dalam penyelesaian sehingga siswa dengan tipe kepribadian guardian lebih mudah dan terstruktur dalam menyelesaikan soal. Secara umum siswa tipe kepribadian guardian telah mampu memenuhi semua indikator penyelesaian soal yaitu indikator memahami masalah, indikator merencanakan penyelesaian, indikator melaksanakan rencana dan indikator memeriksa kembali jawaban yang telah didapatkan, meskipun terdapat salah satu subjek yang tidak mampu memenuhi salah satu indikator yaitu indikator memeriksa kembali jawaban yang telah didapatkan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Riska Hoiria |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 02:15 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 02:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12191 |
Actions (login required)
View Item |