Wiza, Orin Hidayusa (2020) PENGARUH TOLERANSI SISWA TERHADAP SIKAP PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI KECAMATAN PEMAYUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
HAL_PENGESAHAN.pdf Download (738kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh toleransi siswa terhadap sikap pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kecamatan Pemayung yaitu di SMP Negeri 17 Batanghari, SMP Negeri 33 Batanghari dan SMP Negeri 7 Batanghari. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Kecamatan Pemayung pada bulan Januari-Maret 2020. Data penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan angket toleransi siswa dan sikap pada mata pelajaran IPA. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif tipe regresi sederhana serta dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toleransi siswa mempengaruhi sikap pada mata pelajaran IPA dengan sumbangsih pengaruh variabel X (Toleransi) terhadap variabel Y (Sikap) sebesar 35%% sedangkan sisanya 65%% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini yang disebut dengan variabel intervening. Selanjutnya dari perhitungan uji-t didapatkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (20.299 > 1.963066) yang artinya Ha (diterima) atau terdapat pengaruh toleransi siswa terhadap sikap pada mata pelajaran IPA. Dari hasil pengaruh tersebut diperoleh persamaan regresinya yaitu Y = 85.619 + 0.676x. Sehingga dapat disimpulkan apabila siswa memiliki toleransi yang baik, maka siswa juga akan menunjukkan sikap yang baik pula dalam belajar, terutama dalam belajar IPA.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Orin Hidayusa Wiza |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 02:15 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 04:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12193 |
Actions (login required)
View Item |