PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA SUB MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA KELAS XI

Putri, Nadia Novita and Rusdi, M and Haryanto, Haryanto (2020) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA SUB MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Jambi.

This is the latest version of this item.

[img] Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (50kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI (2)-dikonversi.pdf

Download (36kB)

Abstract

E-LKPD berbasis POE (Predit-Observe-Explain) agar peserta didik mudah menemukan konsep-konsep dari pembelajaran kimia serta ditanamkan pendekatan ilmiah yang dituntut dalam kurikulum 2013 revisi 2018. Selanjutnya kualitas belajar dapat lebih ditingkatkan. Sehingga e-LKPD ini juga dapat dimanfaaatkan sebagai prosedur bahan praktikum dikelas maupun dilaboratorium.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis POE (Predit-Observe-Explain) menggunakan sofware Kvisoft Flipbook Maker pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi di SMA Negeri 7 Kota Jambi dan mengetahui respon peserta didik kelas XI MIA terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), menggunakan kerangka 4D yang disederhanakan menjadi 3D, terdiri 3 fase atau tahap, yaitu (a) Pendefinisian (define) (b) Perancangan (design) (c) Pengembangan (develop). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket Uji coba produk dilakukan di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh pakar materi setelah dua kali validasi, penilaian kelayakan oleh pakar media setelah dua kali validasi dan penilaian kelayakan oleh penilaian guru setelah dilakukan satu kali validasi. Tingkat penilaian oleh penilaian guru menggunakan angket mencapai 96% (kriteria sangat baik). Serta Tanggapan penilaian respon siswa terhadap e-LKPD menggunakan angket mencapai 77,33% (kriteria baik). Rata-rata skor tiap butir tanggapan siswa maupun guru mencapai kriteria sangat mendukung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-LKPD yang telah dikembangkan pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: NADIA NOVITA PUTRI
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:39
Last Modified: 23 Jun 2020 03:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12194

Available Versions of this Item

  • PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA SUB MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA KELAS XI. (deposited 23 Jun 2020 03:39) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item