KHAIRANI, ZAMZAM PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS v SDN 55/1 SRIDADI TEMA 2 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SUBTEMA 2 PERISTIWA-PERISTIWA PENTING. UNIVERSITAS JAMBI. (Unpublished)
|
Text
BAB I skripsi zamzam khairani.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II skripsi zamzam khaieani.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III skripsi zamzm khairani.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV skripsi zamzam khairani.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V sripsi zamzam khairani.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
cover ZAMZAM KHAIRANI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
CURICULUM VITAE ZAMZAM.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Khairani, Zamzam.2017. “Pengaruh Metode Tanya Jawab terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 55/1 SridadiSridadi Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 2 Peristiwa-peristiwa Penting”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd dan Pembimbing (II) Suci Hayati, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Metode Tanya Jawab, hasil belajar. Metode pembelajaran merupakan cara atau teknik yang digunakan oleh pendidik untuk menangani suatu kegiatan pembelajaran yang mencakup antara lain ceramah, tanya-jawab, diskusi sebagaimana telah ditentukan dalam Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 103 Tahun 2014.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pada metode tanya jawab terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 55/1 Sridadi Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 2 Peristiwa-peristiwa Penting. Metode tanya jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa.Hasil belajar adalah terjadinya perubahan dari hasil masukan pribadi berupa motivasi dan harapan untuk berhasil dan masukan dari lingkungan berupa rancangan dan pengelolaan motivasional tidak berpengaruh terhadap besarnya usaha yang diarahkan oleh siswa untuk mencapai tujuan belajar. Menurut buku panduan pembelajaran, pada kelas V Sekolah Dasar, pada semester satu terdapat 5 tema dimana tiap tema terdiri dari 3 subtema yang diuraikan dalam 6 pembelajaran. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen karena dalam penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan metode tanya jawab terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 55/1 Sridadi. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu atau Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen untuk mengukur hasil belajar menggunakan pre-test dan post-test yang berbentuk tes objektif. Validitas instrumen tes diuji dengan rumus korelasi product moment dan untuk mengetahui reliabilitasnya diuji dengan teknik formula alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang sebelumnya telah diketahui homogenitas dan normalitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 56,33 dan nilai post-test sebesar 81,33. Pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 51,67 dan nilai post-test sebesar 71,67. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,034 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode tanya jawab memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 55/1 Sridadi pada pembelajaran Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 2 Peristiwa-peristiwa Penting.
Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | ZAMZAM KHAIRANI |
Date Deposited: | 28 Jul 2017 03:53 |
Last Modified: | 28 Jul 2017 03:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1222 |
Actions (login required)
View Item |