kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 23 Kota Jambi

Khairia, Lia kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 23 Kota Jambi. kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 23 Kota Jambi.

[img]
Preview
Text
A1B113054-A. ILMIAH.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khairia, Lia. 2017. Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 23 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing. (I) Prof.H. Yundi Fitrah., Drs., M.Hum., Ph.D. (II) Dra. Hj. Yusra D., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Naskah Drama Kemampuan menulis naskah drama merupakan kemampuan yang dapat melatih siswa untuk berkreativitas dan berimajinasi. Dalam kemampuan menulis naskah drama kesulitan yang dialami siswa ialah menuangkan ide dan imajinasinya dalam sebuah tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menulis naskah drama berdasarkan unsur-unsur pembangun naskah dan kaidah penulisan naskah drama. Unsur-unsur pembangun naskah drama meliputi: a) tema, b) amanat, c) penokohan, d) dialog, e) alur, f) latar, g) konflik, dan h) aturan penulisan naskah drama siswa kelas VIII C SMP Negeri 23 Kota Jambi tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 23 Kota Jambi yang berjumlah 31 siswa. Pengambilan nilai dilakukan oleh 2 orang penilai yaitu guru Bahasa Indonesia kelas VIII C SMP Negeri 23 Kota Jambi dan peneliti sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII C SMP Negeri 23 Kota Jambi pada kriteria “cukup mampu” dengan memperoleh nilai 66,38. Rinciannya pada penerapan unsur-unsur pembangun naskah drama. Penerapan unsur tema memperoleh nilai 69,6 berkategori interval 60-74 berada pada kriteria “cukup mampu” penerapan unsur amanat memperoleh nilai 61,8 berkategori interval 60-74 berada pada kriteria “cukup mampu”. Penerapan unsur penokohan memperoleh 66,4 nilai berkategori interval 60-74 berada pada kriteria “cukup mampu”. Penerapan unsur dialog atau cakapan memperoleh nilai 70,4 berkategori interval 60-74 berada pada kriteria “cukup mampu”. penerapan unsur alur atau plot memperoleh nilai 66,4 berkategori interval 60-74 berada pada kriteria “cukup mampu”. Penerapan unsur latar atau setting memperoleh nilai 65,8 berkategori interval 60-74 berada pada kriteria “cukup mampu”. Penerapan unsur konflik memperoleh nilai 59 berkategori interval 40-59 berada pada kriteria “kurang mampu”. Dan penerapan kaidah penulisan naskah drama memperoleh nilai 72,8 berkategori interval 60-74 berada pada kriteria “cukup mampu”. Dengan nilai rata-rata 66,38 Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru bahasa Indonesia SMP Negeri 23 Kota Jambi pada waktu menjelaskan materi pelajaran menulis naskah drama baiknya waktu untuk menjelaskan di utamakan agar dapat dipahami oleh siswa. Karena dalam menulis naskah drama berdasarkan unsur pembangun dan kaidah penulisan naskah drama dibutuhkan waktu yang tidak cukup singkat dan dibutuhkan ide serta imajinasi yang baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Lia Kharia
Date Deposited: 14 Jul 2017 02:14
Last Modified: 14 Jul 2017 02:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1223

Actions (login required)

View Item View Item