Magdalena, Vivi Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Muara Jambi. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.
Text
lembar pengesahan vivi.pdf Download (515kB) |
|
Text
sampul skripsi vivi.pdf Download (77kB) |
|
Text
kata pengantar, daftar isi, gambar, tabel, lampiran vivi.pdf Download (93kB) |
|
Text
BAB 1 vivi.pdf Download (198kB) |
|
Text
BAB 5 vivi.pdf Download (43kB) |
Abstract
Abstrak Judul : Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Muara Jambi Nama : VIVI MAGDALENA Nim : A1E114043 Pembimbing : 1. Dr. Akmal Sutja, M.Pd 2. Drs. Nelyahardi, M.Pd Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Belajar Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muara Jambi. Penelitian ini mengambil populasi anak kelas VII dengan jumlah populasi 150 siswa yang kemudian diambil sampel sebanyak 75 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan jumlah keseluruhan variabel adalah sebanyak 55 pernyataan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang telah dikemukakan dapat di lihat hasil penelitian dari 75 siswa diperoleh hasil bahwa variabel pola asuh orang tua kelas VII yaitu sebesar 24 siswa yang mendapatkan pola asuh demokratis dengan hasil persentase sebesar 32%. 38 siswa yang mendapatkan pola asuh otoriter dengan hasil persentase sebesar 50.5%. 13 siswa yang mendapatkan pola asuh permisif dengan hasil persentase 17,5% sedangkan pada variabel kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Muara Jambi yaitu 45 siswa dengan hasil persentase sebesar 60% yang mengalami kurangnya kemandirian dalam belajar dan 30 siswa dengan hasil persentase sebesar 40% yang sudah mandiri dalam belajar. Hasil pengolahan data diketahui bahwa terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar Siswa SMP Negeri 1 Muara Jambi kelas VII dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,798 yang berada dalam taraf korelasi tinggi. Dari 24 siswa yang termasuk di dalam 32% yang mendapatkan pola asuh demokratis sudah mengalami kemandirian dalam belajar sedangkan 38 siswa yang termasuk di dalam 50,5% yang mendapatkan pola asuh otoriter mengalami kurangnya kemandirian dalam belajar dan 13 siswa yang termasuk di dalam 17,5% yang mendapatkan pola asuh permisif 6 siswa mengalami kemandirian dalam belajar dan 7 siswa yang mengalami kurang mandiri dalam belajar.
Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | VIVI MAGDALENA |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 02:22 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 02:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12307 |
Actions (login required)
View Item |