PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DENGAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

Rahayu, Siska and Kohar, Farida and Nasori, Ahmad (2020) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DENGAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Rahayu, Siska. 2020. Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dengan Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Hj. Farida Kohar, M. P, (II) Ahmad Nasori, S. Pd., M.Pd. Kata Kunci : Time Token, Think Talk Write, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih sangat rendah atau belum memenuhi KKM 65, hal ini disebabkan siswa banyak yang tidak merespon saat pembelajaran berlangsung. Proses pembelajaran secara aktif masih tergolong rendah dilihat dari partisipasi diantara siswa dalam mengikuti pembelajaran cenderung tidak memperhatikan, susah diatur, jarang bertanya meskipun sebenarnya mereka belum mengerti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token dengan model pembelajaran think talk write terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 dan X IPS 4 yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis mengunakan rumus uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token dengan think talk write. Dimana model pembelajaran time token lebih baik dengan rata-rata selisih pretest ke posttest kelas eksperimen I yaitu 23,0625 lebih tinggi daripada hasil perolehan rata-rata selisih peningkatan pretest ke posttest kelas eksperimen 2 yaitu 11,75 dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t, diperoleh hasil belajar siswa yaitu thitung (8,08920) > ttabel (2,03951) berarti Ha diterima dan Ho di tolak. Jadi kesimpulannya, model pembelajaran kooperatif tipe time token lebih baik terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran think talk write pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi. Adapun saran setelah dilakukan penelitian ini, dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan meningkatkan hasil belajar siswa guru sebaiknya dapat menggunakan model pembelajaran ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe time token karena lebih efektif daripada model pembelajaran think talk write pada materi pelajaran selanjutnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Siska Rahayu
Date Deposited: 02 Jul 2020 05:32
Last Modified: 02 Jul 2020 05:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12374

Actions (login required)

View Item View Item