Jamil, Muhammad (2020) Pengaruh Lingkungan sekolah Dan Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 3 Merlung. S1 thesis, FKIP.
Text
cover jamel.pdf Download (158kB) |
|
Text
Dokumen Baru_1.pdf Download (496kB) |
|
Text
DAFTAR ISI-1.pdf Download (389kB) |
|
Text
BAB I jamil.pdf Download (422kB) |
|
Text
BAB V jamil.pdf Download (159kB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Jamil 2020. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 3 Merlung”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA, M.Si dan Pembimbing II Ibu Siti Syuhada, S.Pd, M.E Kata kunci : Lingkungan Sekolah, Pendidikan Karakter dan Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Merlung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih terdapatnya siswa yang berperilaku kurang berkarakter dan bermoral serta kurang peduli dengan lingkungan sekolanya sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahuipengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Merlung (2) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Merlung (3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Merlung. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Merlung yang terdaftar pada semester ganjil tahun 2019/2020. Populasi penelitian ini berjumlah 118 dan sampelnya berjumlah 54 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 26 item untuk lingkungan sekolah, 27 item untuk pendidikan karakter dan 27 item untuk hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 Januari s.d 20 Februari 2020. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada siswa SMP Negeri 3 Merlung. Hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi koefisien determinasi terlihat bahwa R2 sebesar 0,595. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh variabel bebas yaitu lingkungan sekolah dan pendidikan karakter terhadap variabel terikat hasil belajar sebesar 0,595 atau sebesar 59,5%. Sehingga sisanya yang sebesar 40,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah (X1) dan pendidikan karakter (X2) secara bersama-sama berpengaruh zterhadap hasil belajar siswa (Y).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MUHAMMAD JAMIL |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 02:46 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 02:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12388 |
Actions (login required)
View Item |