Sari, Elisma Novita (2020) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMA Adhiyaksa 1 Jambi. Motivasi belajar.
Text
Elisma Cover Skripsi.pdf Download (96kB) |
|
Text
elisma pengesahan skripsi.pdf Download (250kB) |
|
Text
Elisma DAFTAR ISI, TABEL, LAMPIRAN.pdf Download (247kB) |
|
Text
Elisma BAB I.pdf Download (208kB) |
|
Text
Elisma BAB V.pdf Download (159kB) |
Abstract
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Penyesuaian Diri Dalam penelitian ini batasan masalah yang diambil pada variabel motivasi belajar adalah tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, semangat belajar tinggi, dan kemauan bergabung dalam kelompok belajar. Sedangkan pada variabel penyesuaian diri yaitu karakteristik diri yang positif dan karakteristik diri yang salah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari motivasi belajar terhadap penyesuaian diri siswa kelas X SMA Adhiyaksa 1 Jambi. Penelitian ini mengambil populasi anak kelas X SMA Adhiyaksa 1 Jambi dengan jumlah 55 populasi yang kemudian diambil sampel sebanyak 45 sampel. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan jumlah keseluruhan variabel adalah sebanyak 60 pernyataan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian seperti yang telah dikemukakan dapat di lihat beberapa hasil penelitian dari 45 siswa yang dijadikan sampel penelitian diperoleh hasil bahwa variabel motivasi belajar siswa SMA Adhiyaksa 1 Kota Jambi Kelas X yaitu sebesar 73,6%, sedangkan pada variabel penyesuaian diri sebesar 75,11% dan nilai kofisien korelasi sebesar 0,666 dan berada dalam taraf korelasi sedang, dan hasil t hitung = 5,855 ≥ ttabel =1681 terdapat Ha hipotesis yang menyatakan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap penyesuaian diri diterima.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ELISMA NOVITA SARI |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 04:41 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 04:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12399 |
Actions (login required)
View Item |