ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MODELLING MATHEMATICS BERBANTUAN MEDIA VIRTUAL MENGGUNAKAN GEOGEBRA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

IKHSANA, AULIA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MODELLING MATHEMATICS BERBANTUAN MEDIA VIRTUAL MENGGUNAKAN GEOGEBRA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (290kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I - AULIA .pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB V - AULIA.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Ikhsana, Aulia. 2020. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Pembelajaran Berbasis Modelling Mathematics Berbantuan Media Virtual Menggunakan Geogebra Ditinjau dari Gaya Kognitif: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Sofnidar, M.Si., (II) Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan literasi matematis, modelling mathematics, media geogebra, field independent dan field dependent, luas permukaan kubus dan balok. Penelitian ini dilatarbelakangi atas pengamatan secara tidak langsung dengan melakukan wawancara kepada guru matematika di SMP Islam Al-Falah Jambi yang sehari-harinya berinteraksi langsung dengan siswa sehingga diperoleh bahwa kemampuan literasi matematis siswa masih rendah diakibatkan tidak terbiasa dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan konteks sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran berbasis modeling mathematics berbantuan media virtual geogebra ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-4 SMP Islam Al-Falah Jambi semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 4 siswa yaitu 2 siswa bergaya kognitif field independent dan 2 siswa bergaya kognitif field dependent yang dipilih dengan memberikan tes perseptual yaitu GEFT dan berdasarkan rekomendasi dari guru matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, lembar observasi, lembar tes kemampuan literasi matematis, dan pedoman wawancara literasi matematis. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap data yang telah diperoleh dengan tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek SFi-1, SFi-2, dan SFd-2 memenuhi keseluruhan dari indikator kemampuan literasi matematis sedangkan SFd-1 hanya memenuhi indikator pertama dari kemampuan literasi matematis. Hal tersebut diakibatkan dalam menyelesaikan rencana atau prosedur penyelesaian subjek SFd-1 mengalami kekeliruan akibat kurang teliti dalam proses pemecahan masalah sehingga kesimpulan yang diperoleh tidak sesuai yang diinginkan. Secara umum subjek field independent pertama dan kedua dan subjek field dependent pertama dan kedua memiliki perbedaan kemampuan literasi matematis. Perbedaan tersebut bisa dipengaruhi oleh proses berpikir siswa yaitu dalam hal cara memahami informasi masalah, cara menyelesaikan masalah serta cara menafsirkan hasil yang diperoleh.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: AULIA IKHSANA
Date Deposited: 10 Jul 2020 03:53
Last Modified: 10 Jul 2020 03:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12420

Actions (login required)

View Item View Item