KURNIA SARI, RIKE ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 80/I RENGAS CONDONG KECAMATAN MUARA BULIAN. faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi kelas XI madrasah aliyah Al-iman kota magelang.
|
Text
A1D112008-ARTIKEL.pdf Download (282kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sari, RikeKurnia. 2017 Analisis Faktor Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran IPA di SD Negeri 80/I Rengas Condong Kecamatan Muara Bulian, Pembimbing I.Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si; Pembimbing II. Dwi Kurnia Hayati, S.Pd, M.Pd. Kata kunci :motivasi belajar, pembelajaran IPA Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa pada saat pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 80/I Rengas Condong, dijumpai pada diri peserta didik ada yang mengantuk, mengobrol dengan teman sebangku, siswa tidak mengerjakan tugas, siswa tidak merasakan mamfaat kerjasama, dan siswa melamun pada saat guru menjelaskan materi pelajaran. Permasalahan yang muncul inilah guru harus tanggap dan berusaha memulihkan motivasi belajar peserta didik. Guru harus mampu mengorganisasi setiap kegiatan belajar mengajar dan menghargai anak didik sebagai suatu objek yang memiliki bekal dan kemampuan. Guru harus lebih banyak memberikan motivasi dan tidak segan-segan memberikan dorongan kepada siswa agar siswa merasa bergairah, memiliki semangat dalam meningkatkan kemampuan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 80/I Rengas CondongKecamatan Muara Bulian. Jenis penelitian adalah pendekatan deskriptif kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil analisis faktor rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 80/I Rengas Condong Kecamatan Muara Bulian melalui 1) disiplin belajar,ditemukan siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, memiliki partisipasi rendah dalam KBM, asyik bercanda dan mengobrol, tidak membawa buku dan alat belajar. 2) Sikap belajar, ditemukan siswa yang tidak terlibat dalam diskusi kelas maupun diskusi kelompok, serta siswa yang acuh tak acuh terhadap dinamika kelas. 3) Tingkat keaktifan, ditemukan siswa yang kurang mendengarkan penjelasan guru, siswa yang kurang perhatian terhadap tugas individu dan kelompok, siswa dengan rasa ingin tahu rendah, dan siswa tidak memiliki keberanian dalam bertanya dan menjawab. 4) Kepuasan terhadap hasil belajar rendah ditemukan 42% siswa memiliki nilai belajar dibawah KKM. 5) Hubungan, siswa dengan siswa, serta siswa dengan guru dikelas berjalan dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini rendahnya motivasi siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA disebabkan oleh rendahnya disipilin belajar, sikap belajar siswa yang tidak terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas, kurangnya tingkat keaktifan siswa, serta tingkat kepuasan belajar yang masih rendah.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Rike Kurnia Sari |
Date Deposited: | 17 Jul 2017 07:14 |
Last Modified: | 17 Jul 2017 07:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1244 |
Actions (login required)
View Item |