DESAIN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR

Sarita, Rahma (2020) DESAIN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (107kB)
[img] Text
3. Halaman Pengesahan.pdf

Download (168kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis bagi siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas modul pembelajaran berbasis pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pokok bahasan bangun datar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Adapun subjek penelitian yakni siswa kelas VII. Hasil penelitian yakni: (1) proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan sesuai dengan tahapan model pengembangan ADDIE. (2) hasil analisis validasi materi dan desain dengan persentase berturut-turut 84,17% dengan kriteria sangat valid dan 80% dengan kriteria valid. Hasil uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil dengan persentase beturut-turut 90,67% dengan kriteria sangat praktis dan 89,41% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil pretest dan posttest terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan uji N-gain yang memperoleh hasil dari 22 orang siswa terdapat 21 orang siswa mengalami peningkatan kemampuan yang berkriteria tinggi atau sedang, pada angket peserta didik mendapat persentase 96,42% dengan kriteria sangat efektif dan hasil lembar pengamatan selama proses pembelajaran mendapat rata-rata persentase 95,84% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh modul pembelajaran berbasis pendekatan STEM memiliki kualitas yang baik sesuai dengan pendapat Nieveen bahwa bahan ajar yang baik memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Modul pembelajaran berbasis pendekatan STEM pada bahasan bangun datar dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan bagi guru dan dapat menjadi sumber belajar tambahan bagi siswa, dan bagi modul ini dapat dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran lainnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: RAHMA SARITA
Date Deposited: 07 Jul 2020 02:12
Last Modified: 07 Jul 2020 02:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12457

Actions (login required)

View Item View Item