NURDESIANTI, SYILVIA (2020) PENGEMBANGAN VIDEO MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK MELALUI APLIKASI CAMTASIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL JAMBI DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (96kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (202kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (291kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (161kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurdesianti, Syilvia, 2020, Pengembangan Video Model Pembelajaran Kelompok Melalui Aplikasi Camtasia Berbasis Kearifan Lokal Jambi Ditaman Kanak- Kanak Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr.Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si., (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Video, Model Pembelajaran, Kelompok, Kearifan Lokal. Pengembangan video model pembelajaran kelompok berbasis kearifan lokal Jambi bertujuan untuk menghasilkan video model pembelajaran yang digunakan untuk melihat secara jelas bagaimana proses pembelajaran kelompok berbasis kearifan lokal Jambi dilaksanakan dalam pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Pengembangan merupakan pengkajian sistematik terhadap pendesainan, pengembangan, dan evaluasi program, proses dan produk pembelajaran yang harus memenuhi validasi, kepraktisan dan efektivitas. video merupakan alat digital yang menunjukkan susunan atau urutan gambar bergerak yang dapat memberikan ilusi/fantasi, dan sarana untuk menyamaikan informasi. Model pembelajaran kelompok merupakan suatu langkah prosedur atau suatu pola rancangan mengajar dan penciptaan situasi lingkungan belajar berekelompok di Taman Kanak-Kanak. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang bersifat deskriptif. Tahapan ADDIE yaiti; Analisis (Analyse), Perancangan (Design), pengembanga (Development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknis analisis data pada penelitian ini menganalisis data kualitatif yaitu hasil dari penilaian, saran, komentar, dan masukan Tim ahli atautim validator dan dijelaskan dalam bentuk deskriptif guna untuk merevisi video yang dikembangkan, analisis data kuantitaatif merupakan tahapan uji coba produk yaitu dengan menghitung persentasi dari setiap pertanyaan angket dari presepsi responden terhadap kelayakan produk diuji cobakan dan disimpulkan menurut kriteria (sangat baik, baik, cukup, dan kurang). Data resonden yang didapatkan sejumlah 70 responden yang terdiri dari 2 Dosen PG-PAUD FKIP Universitas Jambi, 32 Mahasiswa, Dan 36 guru yang terdiri dari 10 Taman Kanak-kanak yang mengguankan model pembelajaran kelompok. Dari itu di peroleh hasil Ali media 94% kategori sangat baik, Ahli materi 72% kategori baik, hasil respon Dosen 94% kategori sangat baik, sedangkan Mahasiswa 83% kategori sangat baik, dan guru 85% dengan kategori sangat baik. Dari hasil responden yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa produk dinilai layak dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pengembangan. Pemanfaatan video dapat menunjang kreativitas, ide, juga inovasi guru dan mahasiswa PAUD membuat pembelajaran kelompok lebih menarik lagi, dan mengaitkan kearifan lokal budaya lokal sejak dini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SYILVIA NURDESIANTI |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 06:28 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 06:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12471 |
Actions (login required)
View Item |